2-8-1990: Irak Menjajah Kuwait

Tank Kuwait saat berupaya mengusir penjajah Irak
Sumber :
  • Wikimedia Commons / US Air Force

VIVAnews - Pada 22 tahun yang lalu, Irak mengerahkan pasukannya masuk ke Kuwait. Invasi Irak itu langsung mengundang campur tangan para sekutu Kuwait, seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, dan lain-lain untuk mengusir mereka dari negara mungil yang kaya minyak tersebut.

Menurut The History Channel, aksi militer Irak itu dimulai pada 2 Agustus 1990, pukul dua dini hari. Dalam dua hari, Kuwait bertekuk lutut atas Irak. Bahkan pasukan rezim Saddam Hussein itu cuma butuh waktu beberapa jam untuk langsung menduduki Ibukota Kuwait City.

Merasa tidak siap dan kalah jumlah, militer Kuwait saat itu langsung mengamankan para personel dan peralatan perang mereka yang masih bisa diselamatkan ke negara tetangga, Arab Saudi. Emir Kuwait dan keluarganya pun untuk sementara juga mengungsi ke sana. 

Dengan menduduki Kuwait, Irak saat itu menguasai 20 persen dari cadangan minyak dunia sekaligus menduduki pesisir strategis di Teluk Persia. Dewan Keamanan PBB langsung mengecam invasi itu dan pada 6 Agustus 1990 menerapkan larangan dagang seluruh dunia atas Irak.

Tiga hari kemudian, AS dan para sekutunya melancarkan Operasi "Desert Shield" untuk membantu Kuwait merebut kembali wilayahnya. Kampanye militer ini berlanjut dengan operasi "Desert Storm" pada 16 Januari 1991 dengan melibatkan pasukan koalisi internasional untuk menggempur langsung posisi-posisi strategis Irak di Kuwait.

Operasi ini dipimpin oleh jenderal Amerika, Norman Schwarzkopf, dan melibatkan militer dari 32 negara. Mereka antara lain AS, Inggris, Mesir, Prancis, Arab Saudi dan Kuwait.

Perlu beberapa pekan untuk bisa mengusir Irak dari Kuwait. Pada 25 Februari 1991, dengan bantuan para sekutunya, Kuwait secara resmi berhasil merebut kembali wilayah mereka dari Irak dan pada 15 Maret 1991, Emir Kuwait pulang dari pengasingan. Lalu pada 3 April 1991, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi 687, yang menyatakan berakhirnya konflik di Kuwait itu.  (umi)

 

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024