DUNIA

Negara Timur Tengah Mulai Puasa Hari Ini

Seperti di tanah air, juga ada perbedaan kapan Ramadan dimulai.

ddd
Jum'at, 20 Juli 2012, 10:57 Denny Armandhanu
Bulan Ramadhan Di Pakistan
Bulan Ramadhan Di Pakistan  

VIVAnews - Kebanyakan negeri di Timur Tengah telah menetapkan hari pertama bulan Ramadhan jatuh pada Jumat, 20 Juli 2012. Kendati demikian, seperti halnya di tanah air, masih terdapat perbedaan di antara beberapa kalangan tentang kapan puasa dimulai.

Diberitakan Washington Post, pemerintah beberapa negara di Timur Tengah, sebut saja Mesir, Arab Saudi, Lebanon, Yordania, Qatar, Libya dan Yaman telah mulai berpuasa pada hari ini. Serupa dengan di Indonesia, beberapa kelompok di negara-negara tersebut juga ada yang mulai puasa pada Sabtu besok, didasarkan pada perbedaan penghitungan hilal.

Beberapa orang menggunakan penghitungan sistematis dan canggih dalam melihat hilal. Beberapa lainnya hanya menggunakan mata telanjang. Inilah penyebab mendasar perbedaan tersebut. Tidak ada yang salah, selama berdasar dan konsisten.

Jika diperhatikan seksama, perbedaan yang paling kentara di Timur Tengah adalah tanggal puasa warga Sunni dan Syiah. Sementara negara-negara mayoritas Sunni seperti Arab Saudi, Mesir, dan Yaman, mulai puasa hari ini, negara Syiah seperti Suriah dan Iran mulai berpuasa pada Sabtu, 21 Juli 2012.

Di dalam negeri Suriah, pemerintahan Bashar al-Assad yang Syiah mulai puasa besok. Sementara kelompok oposisi yang Sunni, Dewan Nasional Suriah (SNC), mulai puasa hari ini. Perbedaan didasarkan atas penghitungan hilal, tidak ada urusannya dengan posisi politis.

Kendati demikian, SNC tidak berhenti menyerukan propaganda perlawanan pada pemerintah di bulan Ramadan. "Bulan suci Ramadah akan menjadi bulan kemenangan melawan para kriminal (rezim Assad)," ujar SNC di laman Facebooknya.

Di Mesir, Presiden baru negara tersebut, Mohammed Mursi, menyambut Ramadan dengan membebaskan 572 warga sipil di pengadilan militer. Namun ini masih belum memuaskan para aktivis pro demokrasi. Menurut mereka, masih ada 11.000 orang yang diadili di pengadilan militer sejak revolusi pecah tahun lalu.  (umi)

Pemerintah Indonesia sendiri menetapkan 1 Ramadan pada Sabtu besok. Hal ini didasarkan pada tidak terlihatnya hilal pada sidang Isbat Kamis malam. Tapi beberapa organisasi, seperti Muhammadiyah, telah mulai berpuasa hari ini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
riyu.stgeologipertambangan
21/07/2012
selamat puasa
Balas   • Laporkan
neosack
20/07/2012
selamat menunaikan ibadah puasa teman2, maaf jika selama ini komen gw menyinggung kalian. have fun ajah di viva ini. salam neosack.
Balas   • Laporkan
gus-dur
20/07/2012
thanks GOD to giving me, chance again
Balas   • Laporkan
siska757
20/07/2012
Marhaban ya Ramadhan, Semoga bulan ini penuh BBM (Bulan Barokah dan Maghfirah) Mari kita PREMIUM (Pre Makan dan Minum)serta SOLAR (Sholat Lebih Rajin) dan MINYAK TANAH (Meningkatkan Iman dan Banyak Tahan Nafsu Amarah)Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
Balas   • Laporkan
neosack | 20/07/2012 | Laporkan
selamat menunaikan ibadah puasa, biasanya kite adu argumen, karna sekarang puasa kite sudahi dlu adu argumen nya yach. semoga puasa kali ini lebih membawa berkah. salam neosack.


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com