Anderson Cooper, CNN: "Saya Gay"

Jurnalis CNN Anderson Cooper
Sumber :
  • Reuters/ Danny Moloshok

VIVAnews - Jurnalis dan presenter kenamaan CNN Anderson Cooper menyatakan secara terbuka dirinya seorang gay. Pengakuan mengagetkan ini, kata Cooper, penting agar tak memberikan kesan dia menyembunyikan sesuatu dan bahwa dia ingin terbuka melawan penindasan terhadap kaum penyuka sesama sejenis ini.

"Faktanya, saya gay, selalu begitu, selalu akan begitu. Dan saya tak bisa lebih bahagia lagi, dan nyaman dengan diri sendiri, dan merasa bangga," kata pembawa berita CNN "Anderson Cooper 360" itu kepada The Daily Beast, Senin 2 Juli 2012.

Pria berusia 45 tahun itu menyatakan hal tersebut dalam sebuah surat yang diunggah di blog "The Dish" Andrew Sullivan. Cooper mengungkapkan, saat menulis buku memoarnya beberapa tahun lalu, dia tak mengungkapkan sisi lain dirinya itu karena isi buku itu fokus pada isu perang. Namun, belakangan, Cooper merasa tak mau memberi "kesan salah bahwa saya menyembunyikan sesuatu".

"Di luar sana berlangsung banyak insiden yang menindas orang muda, sebagaimana diskriminasi dan kekerasan atas orang di segala umur, berdasarkan orientasi seksual mereka, dan saya percaya, ada nilai yang membuat saya nyata-nyata harus berdiri tegak melawannya," katanya.

Orientasi seksual Cooper sebenarnya sudah luas diketahui di kalangan media. Namun Cooper percaya, seharusnya kehidupan agama, cinta, dan orientasi politik jurnalis bukanlah sesuatu yang semestinya diumbar di depan publik.

"Saya selalu terbuka dan jujur mengenai bagian kehidupan saya yang ini kepada teman, keluarga dan kolega saya," katanya. "Di dunia yang sempurna, saya mengira ini bukan urusan orang lain, namun saya pikir, ada nilainya bicara lantang dan dihitung orang karena hal ini," kata Cooper yang kerap bepergian ke zona perang dan negeri-negeri yang melarang homoseksualitas. (kd)

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai
Honri Boma EV

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Toyota Alphard menjadi mobil MPV premium dengan bodi bongsor, kini ada mobil yang mereplikanya dengan ukuran lebih kecil. Yakni, mobil listrik Honri Borna asal China.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024