Venezuela Sita Aset TV Anti-Pemerintah

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan Presiden Venezuela Hugo Chavez
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

VIVAnews - Mahkamah Agung Venezuela memerintahkan penyitaan aset satu-satunya stasiun televisi Venezuela yang berada di pihak oposisi terhadap Presiden Hugo Chavez. Total aset yang disita ditaksir berjumlah US$5,7 juta atau sekitar Rp53,8 miliar.

Aset milik Globovision, nama stasiun televisi khusus berita itu, disita lantaran tidak mampu membayar denda sebesar US$2,1 miliar atau Rp19,8 miliar yang ditetapkan Chavez. Liputan stasiun televisi ini tentang kerusuhan di penjara El Rodeo, Caracas, pada Juni 2011 menjadi penyebab denda dijatuhkan.

"Laporan tersebut memicu kebencian dan intoleransi yang bersifat politis," kata pengatur media Venezuela, Conatel, diberitakan BBC Jumat, 29 Juni 2012.

Globovision
balik menuduh penyitaan aset mereka sebagai intimidasi politik jelang Pemilu Presiden Venezuela pada Oktober mendatang. Mereka pun harus bersiap kehilangan lebih banyak lagi seiring dengan mulai berjalannya masa kampanye.

Sejak Chavez menjabat sebagai presiden pada tahun 1999, hampir seluruh kanal media Venezuela dikuasai negara. Pemerintah kerap menuding perusahaan media swasta menggunakan pengaruh mereka untuk menggulingkan pemerintahan.

Akibatnya, media swasta yang menolak menyiarkan konten yang mendukung pemerintah pun satu persatu tidak diperkenankan siaran.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024