Kasus Tabrak Lari: Menteri AS Akhirnya Mundur

John Bryson, Menteri Perdagangan AS
Sumber :
  • REUTERS/B Mathur/Files

VIVAnews - Menteri Perdagangan AS, John Bryson, mundur dari jabatannya saat pihak berwenang tengah menyelidiki kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dirinya awal Juni lalu. Bryson memilih mundur karena tidak ingin instansi yang dia pimpin terganggu oleh publisitas dan penyelidikan atas kasus itu.

Menurut kantor berita Reuters, pengunduran diri itu disampaikan sendiri oleh Bryson di Washington DC Kamis waktu setempat. Dia bahkan sudah menyampaikan pengunduran diri secara tertulis kepada Presiden Barack Obama sehari sebelumnya. Padahal, Bryson belum setahun menjadi menteri perdagangan AS.

"Saya telah memutuskan bahwa masalah yang saya alami pada 9 Juni lalu bisa menjadi gangguan bagi kinerja saya sebagai menteri dan negara kita akan lebih baik bila ada pergantian pada departemen ini," demikian tulis Bryson kepada Obama Rabu lalu.

Menurut penyelidikan polisi, pejabat berusia 68 tahun itu sendirian saat menyetir mobilnya di Los Angeles pada 9 Juni 2012. Peristiwa tabrakan yang melibatkan beberapa mobil itu bisa dibaca dengan membuka tautan ini

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Tidak ada korban luka parah atas kecelakaan itu. Polisi masih belum memutuskan apakah akan menahan Bryson atas kejadian itu.

Berdasarkan penyelidikan awal, tidak ada kandungan alkohol atau obat terlarang pada tubuh Bryson saat kecelakaan. Namun, polisi setempat menyatakan masih menunggu pemeriksaan lanjutan di laboratorium.

Sejak kecelakaan itu, Bryson mengambil cuti untuk menjalani pemeriksaan medis. Dugaan sementara, Bryson kejang-kejang saat menyetir sendirian sehingga menabrak mobil lain.

Sementara itu, Obama pada Kamis sore waktu setempat menyampaikan terima kasih secara langsung kepada Bryson. "Sebagai menteri, Bryson tidak mengenal lelah berdinas bagi kaum bisnis dan pekerja kita. Dia mendongkrak ekspor dan mempromosikan manufaktor dan produk Amerika baik di dalam dan luar negeri," kata Obama.

Mantan eksekutif perusahaan energi, Bryson dinilai berperan dalam membantu pemerintah menjangkau kalangan pebisinis. Pada Maret lalu, dia memimpin misi bisnis AS ke India selama lima hari. Lalu, dia turut memimpin pertemuan dengan China dalam mengatasi kendala-kendala perdagangan bilateral.  (sj)

Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024