DUNIA

China Siap Terbangkan Astronot Wanita

Pesawat ulang alik Shenzhou 9 telah tegak di landasan, diluncurkan pertengahan bulan ini.

ddd
Selasa, 12 Juni 2012, 09:22 Denny Armandhanu
Pesawat ulang alik Shenzhou 9 milik China
Pesawat ulang alik Shenzhou 9 milik China (REUTERS/China Daily)

VIVAnews - Pemerintah China akan segera meluncurkan pesawat antariksa dengan awak pada pertengahan bulan ini. Rencananya, China akan menyertakan seorang astronot wanita dalam misi pertama pengiriman manusia ke luar bumi tersebut.

Diberitakan CNN yang mengutip Xinhua, 11 Juni 2012, ada dua astronot yang dimiliki China saat ini, yaitu Liu Yang dan Wang Yaping. Salah satunya akan turut serta dalam misi tiga orang menuju laboratorium antariksa China Tiangong-1 menggunakan pesawat Shenzhou-9.

Jika berjalan sesuai rencana, peluncuran akan dilakukan pada pertengahan Juni. Shenzhou-9 akan mendarat di Tiangong-1 untuk misi manusia pertama China ke orbit. Dalam misi nanti, hanya dua astronot yang masuk ke laboratorium, sementara seorang lainnya berjaga di pesawat ulang-alik untuk situasi darurat.

Jika sukses, maka China akan menjadi negara ketiga di dunia yang berhasil mengirim astronot ke antariksa, setelah Amerika Serikat dan Rusia. Persiapan China untuk peluncuran ini sudah matang.

Sabtu lalu, Shenzhou-9 dan roket Long March-2F, telah dipindahkan ke landasan di provinsi Gansu untuk pengujian awal.

Peluncuran nanti adalah salah satu ambisi terbesar China dalam kompetisi antariksa. Rencananya dalam jangka waktu lima tahun ke depan, China akan fokus pada menerbangkan astronot ke bulan.

Tiangong-1 yang diluncurkan September tahun lalu telah sukses digabungkan dengan pesawat luar angkasa Shenzhou 8. Kedua modul ini merupakan titik awal China dalam membuat stasiun luar angkasa mereka sendiri.

Target China lainnya adalah meningkatkan kinerja sistem roket peluncur pesawat luar angkasa. China saat ini tengah mengembangkan sistem roket generasi baru Long March-5. Roket jenis ini diklaim tidak mengeluarkan gas buang beracun dan tidak membuat polusi, serta mampu menerbangkan beban hingga 25 ton ke orbit bumi atau 14 ton ke orbit GEO. (adi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
cewek0606
12/06/2012
Keren...wanita jangan mau kalah dengan pria...Kamu pasti bisa...
Balas   • Laporkan
danaagus81
12/06/2012
Indonesia jg udah bisa bikin......malah ada 5 satasiu namanya " ROCKET CHIKEN"......malah yg bikin dari kalangan bawah.....tu tanya si ujang.....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com