Aliansi China-Rusia Tolak Intervensi Asing

Pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai di Beijing
Sumber :
  • REUTERS/ Mark Ralston/Pool

VIVAnews - Aliansi regional China, Rusia, dan sejumlah negara Asia Tengah hari ini menolak campur tangan militer pihak asing dalam mengatasi krisis domestik di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Sikap ini juga berlaku atas konflik berdarah di Suriah, yang tengah dibahas di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Menurut kantor berita Reuters, keputusan itu muncul dalam pertemuan para pemimpin aliansi yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO). Dibentuk pada 2001, forum itu beranggotakan China, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan.

Pada pertemuan kali ini di Beijing, SCO juga mengundang Presiden Afganistan, Hamid Karzai, Presiden Mahmoud Ahmadinejad dari Iran serta pemimpin dari Mongolia dan India. Mereka berstatus sebagai undangan dan peninjau.

"Negara-negara anggota grup Shanghai menentang intervensi militer dalam hubungan di kawasan itu [Timur Tengah dan Afrika Utara], begitu pula dengan 'transfer kekuasaan' yang dipaksakan, serta sanksi sepihak," demikian pernyataan para anggota SCO.

"Negara-negara anggota menekankan perlunya penghentian kekerasaan apapun di wilayah Suriah di manapun asalnya, dan menghormati langkah dialog secara nasional, berdasarkan kemandirian, integritas teritorial dan kedaulatan Suriah," lanjut SCO.
 
Pernyataan itu bisa menjadi cerminan sikap China dan Rusia di Dewan Keamanan PBB, yang tengah membahas krisis di Suriah. Sebagai anggota tetap, China dan Rusia memiliki hak veto yang berhak mementahkan proposal apapun yang akan dibuat sebagai resolusi.

Padahal sudah muncul seruan dari sesama anggota tetap Dewan Keamanan PBB, seperti AS, Inggris, dan Prancis agar segera diberlakukan langkah yang lebih tegas dalam menanggapi kekerasan di Suriah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Mereka menilai rangkaian kekerasaan atas warga Suriah, seperti pembantaian di Kota Houla pekan lalu, tidak bisa dibiarkan lagi dan harus ada sikap yang lebih tegas bagi pemerintahan Presiden Bashar al Assad dan rezim Partai Baath. 

Selain Suriah, SCO juga menyinggung isu nuklir Iran. Para pemimpin aliansi itu mengingatkan bahwa "upaya apapun dalam mengatasi masalah Iran tidak boleh melalui paksaan karena bisa menyebabkan konsekuensi yang tidak dapat diperkirakan sekaligus mengancam stabilitas dan keamanan di kawasan dan di dunia secara keseluruhan." (eh)

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sekretaris Jenderal Gerindra mengatakan kemenangan Prabowo Subianto bukan akhir dari perjuangan melainkan awal perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024