Bos Apple Tolak Terima Dividen US$75 Juta

CEO Apple Tim Cook
Sumber :
  • nexus404.com

VIVAnews - Direktur Eksekutif Apple Tim Cook menolak dividen saham sebesar US$75 juta atau sekitar Rp696 miliar yang menjadi haknya. Tidak ada alasan apapun dari Cooks dalam penolakan tersebut.

Diberitakan BBC, Jumat 25 Mei, Cooks mendapatkan dividen dari US$2,65 per lembar saham yang dimilikinya di perusahaan Apple. Rencananya, dividen ini akan dibagikan kepada para pemegang saham di bulan Juli mendatang. Ini adalah kali pertama Apple mengumumkan dividen sejak 1995.

Menurut Komisi Sekuritas dan Saham AS, Cook menyatakan tidak akan mengambil bagiannya. "Atas permintaan Tuan Cook, tidak ada unit sahamnya yang akan disertakan dalam dividen mendatang," tulis salah satu pernyataan komisi tersebut. Tidak disebutkan alasan yang jelas dari Cook.

Cook adalah salah satu bos berpenghasilan terbesar di dunia. Tahun lalu, dia mendapatkan keuntungan hingga US$378 juta atau setara Rp3,5 triliun. Sebagian besar dari keuntungannya adalah hasil dividen, sedangkan gajinya per tahun hanya US$900.000 (Rp8,3 miliar).

Pendahulunya, mendiang Steve Jobs, hanya menerima gaji US$1 per tahun. Keuntungannya terbesar berasal dari kepemilikan saham di perusahaan Disney dan Pixar. Forbes memperkirakan, dari saham tersebut, kekayaan Jobs mencapai US$7 miliar

Pasca kematian Jobs, Apple diramalkan akan mengalami masa-masa sulit, namun itu tidak terbukti. Berkat pemberian saham kepada enam orang eksekutif senior Apple, perusahaan tersebut masih mampu berdiri dan mempertahankan orang-orang andalan mereka.

November tahun lalu, enam eksekutif ini diganjar 150.000 lembar saham per orangnya. Melihat harga saham mereka saat ini, nilai yang diberikan tersebut mencapai sekitar US$60 juta atau sekitar Rp535 miliar. (umi)

Sama-sama dari Luar Kota, Anies-Cak Imin Baru Silaturahmi Lebaran di H+6 Idul Fitri
Tangkap layar CCTV oknum Polisi diduga aniaya istrinya.(istimewa/VIVA)

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

Sebuah video viral di media sosial, menunjukkan seorang oknum polisi berinsial Bripka BS diduga melakukan penganiayaan dan kerap Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terha

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024