DUNIA

Komandan Kapal Perang Inggris Seorang Wanita

Sarah West resmi memegang tongkat komando HMS Portland, kapal perang di garis depan.
Selasa, 22 Mei 2012
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Komandan kapal perang Inggris, Sarah West.

VIVAnews -- Angkatan Laut Inggris, Royal Navy, memiliki sejarah panjang yang membanggakan selama 500 tahun. Dan saat ini catatan baru mereka torehkan: menunjuk seorang perempuan sebagai komandan kapal perang di garis depan.

Dia adalah Sarah West. Perempuan 40 tahun itu telah resmi memegang tongkat komando HMS Portland, kapal Type 23 frigate seberat 5.000 ton yang disiapkan untuk "perang habis-habisan".

Sebelum West, ada Komandan Sue Moore (43), perempuan pertama yang memimpin kapal yang lebih kecil, First Patrol Boat Squadron (1PBS). Ia bertanggungjawab atas kapal nontempur, 18 P2000 Archer yang melakukan operasi keamanan maritim di perairan Inggris, ikut mengamankan olimpiade dengan cara patroli di Sungai Thames, dan mengawal Sang Ratu dalam perayaan.

Penunjukan West adalah pencapaian yang luar biasa. Sebab, sampai tahun 1990, perempuan dilarang bergabung ke Angkatan Laut.

West mengaku terhormat dengan penunjukan itu. "Menjadi komandan HMS Portland adalah pencapaian tertinggi saya selama 16 tahun di Angkatan Laut. Ini adalah tantangan dan saya siap menghadapinya," kata dia seperti dikutip harian Daily Mail, Selasa 22 Mei 2012.

"Saya merasa sangat bangga menjadi komandan kapal Type 23 frigate, sebuah kapal perang yang sangat fleksibel. Saya akan memimpin HMS Potland dengan profesional dan tim yang fokus.

HMS Portland bukan kapal biasa. Ia dilengkapi rudal yang bisa ditembakkan ke kapal lain,  juga diarahkan ke atas ke pesawat dan helikopter. Ia juga bisa memburu dan menghancurkan kapal selam.

Kapal perang itu juga memiliki senjata 4,5in, torpedo anti kapal selam yang dilengkapi radar dan peralatan sonar untuk memandu amunisi atau membantu navigasi.

Komandan West dari Lincolnshire juga akan bertanggung jawab atas 180 kru, yang 10 persennya adalah Wrens alias kelasi perempuan.

Penunjukan West sebagai komandan telah diumumkan Agustus 2011 lalu, yang menjadi berita besar di Inggris. Sebab, ia adalah perempuan pertama yang menjadi komandan di kapal perang.

Apalagi, kapal yang komandani, HMS Portland tenar sebagai kapal penghukum para perompak Somalia dan para penyelundup narkotika di Karibia.  West yang ahli perang bawah laut dan perencanaan Angkatan Laut, adalah seorang sarjana matematika.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found