Suu Kyi Dapat Paspor Setelah 24 Tahun

Tokoh demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun/Files

VIVAnews - Untuk pertama kalinya selama 24 tahun, tokoh demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi mendapatkan kembali paspornya. Dia juga tidak perlu takut tidak dapat kembali ke negaranya, karena telah mendapatkan jaminan dari pemerintah Myanmar.

Diberitakan Telegraph, Selasa 8 Mei 2012, Suu Kyi telah menerima paspornya langsung dari Kementerian Dalam Negeri. Pengajuan paspor tersebut dilakukannya seiring dengan reformasi politik Myanmar menuju ke arah demokrasi.

Paspor itu berlaku selama tiga tahun. Ini adalah paspor pertama Suu Kyi sejak dia kembali ke Myanmar pada 1988 untuk merawat ibunya yang sakit. Seluruh dokumen-dokumen pribadinya disita pemerintahan junta militer setelah dia menjadi ketua partai Liga Nasional untuk Demokrasi.

Di negara yang juga disebut Burma ini, Suu Kyi menjalani 15 dari 22 tahun hukuman penjara rumahnya. Hukuman ini diberikan karena Suu Kyi dinilai mengancam pemerintahan junta dengan mempromosikan demokrasi.

Selama penahanan, anggota parlemen baru Myanmar ini tidak dapat menghadiri penganugerahan penghargaan Nobel Perdamaian pada 1991. Beberapa kali penahanan rumah Suu Kyi diperpanjang. Saat masa bebasnya pada 1999, Suu Kyi menolak izin Junta untuk mengunjungi suaminya, Michael Aris, yang sakit kanker. Suu Kyi takut, jika dia keluar negeri tidak akan bisa kembali lagi ke Myanmar.

Dengan diberikannya paspor ini, pemerintahan baru Myanmar menjamin wanita 66 tahun ini dapat pergi kemanapun yang dia mau. "Dia dapat pergi dengan bebas. Paspor kini sudah di tangan," kata seorang pejabat pemerintahan, dikutip dari BBC.

Rencananya Juni mendatang, Suu Kyi akan mengunjungi Norwegia untuk menerima langsung hadiah Nobel yang diterimanya pada 1991. Dia juga akan mengunjungi markas PBB di New York atas undangan Sekjen Ban Ki-moon.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Suu Kyi juga diundang oleh Perdana Menteri David Cameron datang ke Inggris. Di negara ini, Suu Kyi akan mengunjungi bekas rumah dan universitasnya di kota Oxford. Di kota ini, Suu Kyi pada tahun 70an membina keluarga, dan memiliki dua anak.(np)

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024