Meraih Gelar Sarjana pada Umur 97 Tahun

Allan Stewart
Sumber :
  • google

VIVAnews - Pensiunan dokter gigi berusia 97 tahun, Allan Stewart berhasil menerima gelar master ilmu kedokteran dari Universitas Southern Cross Australia.

Gelar itu semakin mengukuhkan dirinya menjadi peraih gelar akademis tertua di dunia untuk kedua kalinya. Stewart yang lahir pada 7 Maret 1915, sudah memegang rekor dunia setelah menyelesaikan kuliah hukumnya dalam usia 91 tahun pada 2006 lalu.

"Saat ini sangat tepat bagi saya untuk menggantungkan jas almamter. Meski sebelumnya saya juga pernah mengatakan sudah bosan sekolah," kata Stewart yang merupakan warga kota Port Stephens di utara Sydney Australia.

Lalu apa yang membuat Stewart masih memiliki konsentrasi yang cukup prima di saat usianya tidak lagi belia?

"Dengan berjalan kaki dan meditasi bisa menjaga pikiran saya tetap aktif untuk membaca buku teks kedokteran, novel kriminal dan bermain bridge," ungkapnya.

Dia mendaftarkan diri di kampus terakhirnya pada 2009. Tantangan untuk terus menimba ilmi menjadi alasan utamanya kembali ke bangku kuliah.

"Jangan pernah mengatakan saya terlalu tua untuk belajar. Tak ada kata terlambat untuk menambah wawasan, mendapat teman baru dan menantang diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang berarti," kata ayah enam anak, 12 cucu dan enam cicit itu.

Gelar terbarunya ini adalah gelar akademis keempatnya sejak mendapatkan gelar dokter gigi pada dekade 1930-an.
Setelah berkarir panjang sebagai dokter gigi dan hampir meraih gelar doktor bedah gigi, Stewart memutuskan untuk kembali kuliah hukum untuk membuat pikirannya tetap aktif.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah
Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024