Skandal PSK: Secret Service Perketat Aturan

Anggota Secret Service saat bertugas melindungi Obama
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing

VIVAnews - Ini aturan baru yang berlaku untuk anggota dinas Secret Service: dilarang mabuk berat dan membawa warga negara asing ke dalam hotel saat bertugas di luar negeri. Larangan keras itu dikeluarkan menyusul skandal memalukan anggota pasukan pengawal Presiden Barack Obama menyewa pelacur di Cartagena Kolombia, saat harus mengawal Sang Presiden dalam KTT negara-negara Benua Amerika.

Aturan yang dikeluarkan Jumat kemarin juga melarang kunjungan ke 'lembaga yang tak punya reputasi', yang mungkin termasuk di dalamnya adalah klub tari telanjang. Juga termasuk dalam aturan, 'warga negara asing' kecuali staf hotel dan patner resmi  dilarang berada di dalam kamar.

"Masih dimungkinkan untuk mengkonsumsi alkohol dalam batas wajar saat tidak bertugas. Tapi, dilarang meminum alkohol dalam waktu 10 jam sebelum bertugas," demikian salah satu bunyi aturan baru, seperti dimuat Reuters Sabtu 28 April 2012.

Lebih jauh lagi, alkohol sama sekali dilarang ketika orang penting yang dilindungi berada di hotel, sejak VVIP itu menginjakkan kaki di sana.

Sejak saat ini, staf tanggung jawab profesi, akan mendampingi para agen yang bepergian dengan 'mobil pesawat' -- atau mobil kepresidenan AS, dan memberikan pembekalan etika sebelum mereka berangkat.

Peraturan baru ini akan mulai diefektifkan secepatnya.  Dengan aturan tersebut, Secret Service berusaha mengakhiri skandal paling memalukan dalam beberapa dekade, yang 'menampar pipi' Amerika Serikat, dan membuat peran Obama dalam KTT Benua Amerika sama sekali tak terlihat.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Petugas Berguguran

Sebanyak 12 anggota Secret Service terlibat dalam skandal di Kolombia. Delapan petugas sudah mundur dari pasukan elit itu, tiga dinyatakan melakukan pelanggaran, dan satu orang dilucuti dari izin pengamanannya. Tak hanya itu 12 anggota militer juga diduga terkait dan menjalani investigasi.

Bersama-sama, mereka menyewa 21 PSK untuk berpesta seks di sebuah kamar hotel, sehari jelang pertemuan Obama dengan para pemimpin Amerika Latin.

Masalah bermula saat seorang perempuan datang ke hotel untuk menuntut lebih banyak uang kepada laki-laki yang memakai jasanya sebagai pekerja seks komersil. Mengutip sumber anonim, ABC News mengungkapkan bahwa selama berpesta, para agen tidak segan-segan mengaku bekerja untuk presiden AS. (ren)

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?
Angger Dimas saat berada di makam Dante

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Angger Dimas mengungkap alasan memakamkan jenazah Tri Rahayu di dekat makam sang buah hati, Dante.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024