23-4-1984: Virus Penyebab AIDS Diumumkan

Ilustrasi AIDS
Sumber :
  • AIDS

VIVAnews - Pada 28 tahun lalu, tim ilmuwan Amerika Serikat (AS) mengumumkan virus penyebab penyakit hilangnya sistem kekebalan tubuh, yang disebutĀ  Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Virus itu disebut Human Immunodeficiency Virus (HIV).

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Bagi dunia medis, penemuan virus yang menimbulkan penyakit mematikan itu dianggap sebagai pencapaian monumental. Menurut stasiun televisi BBC, penemuan ini diumumkan pada 23 April 1984 di Washington DC, Amerika Serikat (AS), oleh Menteri Kesehatan Margaret Heckler. Virus itu telah diteliti bertahun-tahun

Dia mengatakan bahwa HIV merupakan sebuah varian dari virus kanker pada manusia. Virus itu dulu disebut sebagai HTLV-3.

AIDS melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga pengidap virus HIV akan rentan terkena berbagai penyakit. Mereka yang beresiko terkena AIDS adalah kalangan homoseksual, penderita hemofili, pemakai narkoba yang berbagi jarum suntik, dan mereka yang menerima tranfusi darah.

AIDS saat itu telah menyebar di AS. Empat ribu orang terinfeksi virus HIV sejak 1981, ketika penyakit AIDS ditemukan. Hampir setengah dari jumlah tersebut meninggal. Penemuan di AS mirip dengan penemuan di Prancis pekan sebelumnya. Ilmuwan Prancis saat itu menemukan virus bernama LAV.

Berbagai pengidap virus mengeluarkan berbagai reaksi psikologis terkait penemuan tersebut. Seorang penderita AIDS, Bob Scheckey, menyambut baik penemuan virus tersebut, tetapi mengatakan bahwa mungkin akan perlu banyak waktu untuk menemukan vaksinnya. Scheckey bertahan hidup selama dua tahun dengan penyakit AIDS menggerogoti tubuhnya, lebih lama daripada prediksi dokter.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024