Wisata Napak Tilas Seabad Karamnya Titanic

RMS Titanic
Sumber :
  • id.wikipedia.org

VIVAnews - Peristiwa tenggelamnya kapal Titanic menjadi tragedi maritim terbesar yang berlalu tepat 100 tahun silam. Peristiwa dramatis pada 15 April 1912 tersebut diperingati dengan napak tilas dari Inggris menuju Amerika melintasi lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

Kapal pesiar MS Balmoral akan mengikuti rute nahas dan mencapai titik yang sama pada malam harinya, tepat saat Titanic tenggelam: 15 April 1912 pukul 02.20 dini hari, pada pelayaran perdananya.

Para penumpang berjumlah 1.309 orang, termasuk pada anak cucu korban, sebagian mengenakan kostum yang dipakai pada saat itu. Sepanjang perjalanan, kapten akan mengumumkan nama-nama korban yang meninggal dunia.

Kapal mewah ini berlayar dari Southampton ke New York saat menabrak gunung es 375 mil dari Newfoundland. Dari 2.228 penumpang, hanya 706 orang yang selamat.

Film roman besutan James Cameron yang menceritakan kisah Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) pada 1997 ikut meramaikan Peringatan 100 tahun karamnya Titanic. Film berbentuk tiga dimensi (3D) mulai diputar sejak April 2012.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Peringatan juga akan dilakukan di Irlandia Utara dan Republik Irlandia, daerah dengan korban terbanyak. Di Bagian barat Irlandia, lonceng gereja akan dibunyikan. Wali Kota Lahardane, Niall O Donnghaile, meresmikan sebuah taman kota yang didirikan sebagai monumen peringatan Titanic. Monumen ini adalah yang pertama dunia dan menampilkan 1.522 korban.

Lihat video napak tilas RMS Titanic di tautan ini. (art)

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024