VIDEO: Sopir Pingsan, ABG Pegang Kemudi Bus

Aksi Jeremy Wuitschick ambil alih kemudi sopir yang pingsan
Sumber :
  • nrk.no| YouTube

VIVAnews -- Pagi itu, 16 siswa sebuah sekolah menengah di Kota Milton, Washington, Amerika Serikat tak menyangka insiden yang mungkin membahayakan nyawa mereka akan terjadi. Saat itu mereka sedang menuju ke sekolah.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Di tengah perjalanan, sopir bus menunjukkan gelagat aneh. Awalnya ia kejang-kejang, lalu tiba-tiba lunglai, merosot ke sandaran kursi, matanya melotot, tangannya bergetar hebat. Ia pingsan kena serangan jantung.

Bus sempat tak terkendali, nyaris membelok, seorang anak bergegas berlari ke arah kemudi, sementara teman-temannya yang lain terpaku di tempat duduk dan berteriak, "Oh Tuhan."

Cegah Kecelakaan Maut, Kemenhub Wajibkan Penggunaan Sabuk Pengaman untuk Penumpang Bus

"Aku bangkit, berlari meraih roda kemudi, memutarnya ke kanan, lalu mencabut kunci kontak," kata Jeremy Wuitschick, bocah yang kala itu tampil sebagai pahlawan kepada KOMO News, yang dilansir Daily Mail. "Untungnya, bus perlahan berhenti, saat itu sangat menakutkan."

Ia mengaku bergerak berdasarkan insting. "Saat itu aku hanya berpikir, aku tak ingin mati," kata dia. Bocah 13 tahun itu lalu berteriak pada rekan-rekannya yang lain, untuk segera menghubungi 911, nomor gawat darurat.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Di tengah situasi genting, muncul pahlawan lain. Sesama siswa kelas tujuh, Johnny Wood tampil dan mengaku tahu cara melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation) atau pertolongan pertama untuk memompa darah. Ia lalu melakukan teknik menekan dada sang sopir.

Meski tak melakukan pertolongan, kamera CCTV yang terpasang pada bus menunjukkan, bagaimana para siswa terlihat tenang. Tak ada kepanikan, jerit tangis ketakutan. "Semua berlangsung sangat cepat, tapi tak seperti dalam film ketika orang-orang berteriak-teriak dan panik," kata Wuitschick menggambarkan situasi saat itu.

Tak hanya menuai pujian, apa yang dilakukan dua bocah itu, terutama Wuitschick bakal diganjar penghargaan. 

"Aku akan memberi anak itu penghargaan atas cara berpikir dan bertindaknya yang cepat. Ia melakukan hal yang benar. Ia berhak mendapat penghargaan," kata Kepala Kepolisian Milton, Bill Rhodes kepada ABC News.

Bagaimana nasib sopir bus itu? Pria yang namanya tak disebutkan itu langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Dalam kondisi serius. Lihat video penyelamatan bus di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya