VIDEO: Letusan Spektakuler Gunung Etna

Gunung Etna di Eropa meletus
Sumber :
  • REUTERS/Antonio Denti

VIVAnews -- Untuk kelima kalinya di tahun 2012 ini, gunung tertinggi di Eropa, Etna kembali meletus, melontarkan lava dan abu panas ke udara.

Rekaman video menunjukkan adegan spektakuler, lava turun ke sisi gunung, sekitar pukul 04.00 subuh tadi waktu setempat. Lava mengalir tanpa henti hingga pukul 05.30. Lihat videonya di tautan ini.

Seperti dilaporkan situs TVNZ, Senin 2 April 2012, abu Etna terbang sampai wilayah Sisilia, selatan Italia. Namun tak ada kerusakan yang dilaporkan, abu juga tak mengganggu lalu lintas penerbangan.

Gunung Etna adalah yang teraktif di Eropa. Letaknya ada di perairan timur Sisilia, dekat Messina dan Catania.

Etna meletus kali pertama di tahun ini adalah pada 5 Januari 2012. Ia menyemburkan asap tebal hingga ketinggian 5.000 meter dari permukaan laut.

Gunung berapi paling aktif di Eropa ini terkenal sering memuntahkan lahar dan abu hingga berhari-hari lamanya.

Tahun lalu, Etna meletus beberapa kali. Berbagai takhayul mewarnai letusan Etna. Di sebuah grup di facebook, sekelompok orang mengatakan bahwa letusan Etna ada hubungannya dengan aktivitas alien, poltergeist, ledakan matahari dan gangguan listrik akibat kabel bawah laut. (eh)

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil, berdoa sebelum pertandingan

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Diaby mantan pemain sepakbola Arsenal, dikabarkan mampu menghafal 19 juz Al-Quran. Dia juga sering terlibat membaca Al-Quran di sela-sela latihan dan pertandingan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024