Pemilu Iran, Kubu Ahmadinejad Kalah

Ahmadinejad ikut pemilihan parlemen Jumat, 2 Maret 2012
Sumber :
  • REUTERS/President.ir/Handout

VIVAnews - Kubu Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad harus menerima kekalahan atas kubu pemimpin tertinggi Ayatollah Khamenei dalam pemilihan parlemen pekan lalu. Dalam penghitungan sementara, kubu khamenei telah mendapatkan lebih dari 75 persen suara, memastikan kemenangan mutlak mereka.

Dilansir dari Reuters, Minggu 4 Maret 2012, telah 90 persen kotak suara yang dihitung dalam memperebutkan 290 kursi di parlemen Majlis Iran. Di beberapa tempat, loyalis Khamenei menang besar. Sebut saja di ibu kota Teheran, kubu Khamenei memenangkan 19 dari 30 kursi parlemen yang diperebutkan, sisanya dimenangkan kubu Ahmadinejad.

Di kota suci Syiah, Qom dan Mashhad, calon anggota parlemen dari Khamenei memenangkan lebih dari 90 persen suara. Di pedesaan, kubu Khamenei menang 70 persen. Padahal, pada pemilu 2009, kota-kota ini jadi lumbung suara bagi kubu Ahmadinejad. Di antara kroni Ahmadinejad yang kalah pemilu adalah adik kandungnya sendiri, Parvin Ahmadinejad.

Menurunnya jumlah suara untuk Ahmadinejad menyusul perseteruan antara dirinya dengan Khamenei beberapa waktu lalu. Kebijakan Ahmadinejad yang populis dan diambil sepihak dinilai merendahkan posisi Khamenei yang berada di puncak pemerintahan.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Hal ini jugalah yang membuat Ahmadinejad dipanggil parlemen untuk menjawab berbagai pertanyaan mereka. Menurut parlemen, Ahmadinejad telah memicu tingginya angka inflasi Iran dengan memotong subsidi pangan dan BBM, menggantikannya dengan bantuan tunai kepada rakyat sekitar Rp346 ribu per orang.

Jika jawabannya tidak memuaskan Majelis, maka dia terancam dimakzulkan. Tapi, pemakzulan ini haruslah mendapat persetujuan Khamenei. Pengamat politik Iran menyangsikan Ahmadinejad akan dilengserkan. Namun demikian, catatannya akan buruk di mata rakyat selama memerintah empat tahun terakhir.

Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024