Rudd Gagal Geser Gillard Jadi PM Australia

Mantan PM Australia, Julia Gillard.
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Perdana Menteri Julia Gillard tetap dipercaya Partai Buruh untuk tetap memimpin Australia setelah mendapat dukungan mayoritas dalam pemilihan internal hari ini. Dengan demikian mantan PM yang pekan lalu mundur sebagai menteri luar negeri, Kevin Rudd, gagal menyingkirkan Gillard.

Menurut kantor berita Reuters, Gillard berhasil menang atas Rudd dalam pemilihan ketua Partai Buruh dengan komposisi suara 71 banding 21. Situasi ini memupus ambisi Rudd untuk kembali memimpin Partai Buruh maupun tampil lagi sebagai PM Australia hingga pemilu akhir 2013.

"Saya dengan resmi menyatakan Julia Gillard terpilih lagi sebagai pemimpin Partai Buruh Australia," kata Chris Hayes, juru bicara partai yang tengah berkuasa di Negeri Kanguru itu. Politisi Partai Buruh, Mark Latham, menilai sulit bagi Rudd untuk kembali menantang Gillard.

Namun, Gillard diperingatkan oleh para pendukung Rudd agar segera mengangkat citra pemerintahannya, yang tengah anjlok, dalam sejumlah jajak pendapat. Bila itu gagal dilakukan, Gillard masih bisa ditantang lagi oleh kalangan internal partai menjelang Pemilu 2013. 

Setelah Rudd gagal, muncul sejumlah politisi Partai Buruh yang berpotensi menantang Gillard. Mereka adalah Menteri Pertahanan Stephen Smith dan Menteri Tenaga Kerja Bill Shorten. 

Pemilihan internal itu dipandang sebagai pertanda Partai Buruh mengalami perpecahan kepemimpinan. Partai ini, menurut sejumlah jajak pendapat, bahkan diperkirakan bisa kalah telak dari kubu konservatif pada pemilu mendatang.

Gillard pekan lalu menyerukan pemilihan internal partai setelah pekan lalu Rudd mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri Australia saat masih mengadakan kunjungan kerja di Washington DC, AS. Bagi kalangan pengamat, pemilihan yang terkesan mendadak ini merupakan upaya Gillard untuk tidak memberi waktu cukup kepada Rudd untuk memobilisasi kekuatan.  

Hubungan kedua politisi ini tampak renggang setelah Rudd terjungkal dari posisi Ketua Partai Buruh pada Juni 2010, setelah tiga tahun memerintah Australia sebagai PM. Posisi Rudd saat itu digantikan oleh Gillard.  (adi)

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024