Partai Xanana Dukung Capres Taur Matan Ruak

Xanana Gusmao
Sumber :
  • wikimedia.org

VIVAnews - Partai Congresu Nacional de Reconstrusaun Timorense (CNRT), akhirnya resmi mengumumkan dukungannya kepada calon presiden (Capres) Taur Matan Ruak.  

Pengumuman ini disampaikan langsung Sekretaris Jenderal Partai CNRT, Dionisio Babo dan Ketua Komisi Politik Nasional Partai CNRT, Francisco Kalbuady dalam sebuah konferensi pers di markas besar Partai CNRT, kawasan Bairo Dos Grilos, Dili.

Babo menjelaskan, ada sembilan alasan mengapa partai pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmao itu mendukung Taur Matan Ruak. Dua diantara alasan itu menyebutkan Capres Taur Matan Ruak merupakan kandidat independen. Alasan lainnya, karena Taur Matan Ruak telah lebih dari 24 tahun bersama rakyat Timor-Leste menjaga stabilitas keamanan. 

“Keputusan ini merupakan keputusan partai yang telah diambil dalam sebuah konferensi besar CNRT yang telah dilaksanakan tanggal 11-12 Januari di Dili,” kata Babo.

Keputusan Partai CNRT itu juga diambil setelah menimbangkan keputusan Pengadilan Banding Timor-Leste yang telah mengumumkan secara resmi 13 Capres TL periode 2012-2017. “Karena itu, CNRT mengambil keputusan untuk mendukung pencalonan Taur Matan Ruak sebagai Presiden TL, periode 2012-2017,” kata Babo lagi.

Menurutnya, keputusan ini merupakan keputusan resmi partai CNRT yang telah disahkan Ketua Umum Partai CNRT, Kay Rala Xanana Gusmao.

Menjawab pertanyaan soal perubahan dukungan sejumlah pendukung CNRT ke capres yang lain, Ketua Komisi Politik Nasional Partai CNRT, Francisco Kalbuady mengatakan, hal itu merupakan keputusan yang bersifat pribadi. “Itu bukan atas nama partai. Dan, Partai CNRT tidak akan mengambil langkah tegas terhadap pendukungnya. Itu merupakan bagian dari demokrasi,” jelas Kalbuady.

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat

Laporan: Alexandre Assis (Dili, Timor-Leste)

Apel persiapan keberangkatan bantuan kemanusiaan Indonesia ke Gaza

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

 Bantuan kemanusiaan Indonesia via udara atau airdrop untuk warga Gaza, Palestina, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J milik TNI Angkatan Udara

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024