Produsen Mobil China Dirikan Pabrik di Eropa

Pekerja pabrik mobil China di Kota Wuhu Provinsi Anhui
Sumber :
  • Reuters/Stringer

VIVAnews - Produsen mobil asal China mulai percaya diri untuk mengembangkan produksi di Eropa. Ini terkait ambisi untuk membuka pasar yang lebih luas bagi mobil buatan Tiongkok di Benua Biru itu.

Menurut stasiun berita BBC, 21 Februari 2012, produsen pertama mobil China yang membuka pabrik di Eropa adalah Great Wall Motors. Pabrik mereka berlokasi di desa Bahovitsa, Bulgaria.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Dalam suatu acara peresmian di Bahovitsa Selasa kemarin, Great Wall menargetkan bahwa pabrik mereka yang baru itu akan memproduksi 50.000 unit per tahun. Pendirian pabrik itu bekerjasama dengan mitra lokal Great Wall di Bulgaria, Litex Motors.

Produk yang akan dihasilkan adalah mobil tipe SUV merek Hover, mobil pick-up Steed dan city car Voleex. Pada tahap awal, pabrik itu akan mempekerjakan 150 orang untuk membuat 4.000 unit mobil per tahun. Namun, mulai 2013, jumlah pekerja akan bertambah hingga 2.000 orang.  

"Rencana Great Wall membangun sebuah pabrik di Bulgaria dan memproduksi otomotif di sini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi kami dan mengekspornya ke pasar Eropa," kata Presiden dan Kepala Eksekutif Korporat Feng Ying Wang.

Dia memperkirakan bahwa dalam tiga atau lima tahun mendatang perusahaannya akan memproduksi beragam produk mobil di Bulgaria dan mobil-mobil itu akan dijual di semua negara Eropa.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari
Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024