Inggris Bantah Coba Militerisasi Falkland

Penguin di kepulauan Falkland
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews - Pemerintah Inggris menolak jika dikatakan mencoba memiliterisasi sengketa di pulau Falkland dengan Argentina. Mereka juga menolak melakukan perundingan untuk menentukan siapa pemilik pulau di Atlantik tersebut.

Bantahan ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Inggris, dilansir dari CNN, Rabu 8 Agustus 2012. Inggris bersikeras, rakyat Falkland telah memilih berada di bawah Inggris dan tidak menganggap kehadiran tentara di pulau tersebut sebagai ancaman.

"Rakyat Falkland memilih untuk menjadi warga negara Inggris. Mereka bebas menentukan masa depan mereka sendiri," ujar pernyataan tersebut.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Sebelumnya pada Selasa lalu, Presiden Argentina Fernandez de Kirchner mengatakan bahwa Inggris mencoba memiliterisasi kembali keadaan di pulau Malvinas. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya tentara kerajaan di pulau tersebut, di tambah dengan kehadiran Pangeran William sebagai salah satu personel angkatan udara.

Kirchner mengancam akan mengajukan nota protes kepada PBB terkait hal ini. Dia menyerukan Inggris kembali ke meja perundingan dan memberikan kesempatan untuk solusi damai demi rakyat. Kemlu Inggris melalui pernyataannya menegaskan, tidak akan bernegosiasi karena rakyat Falkland telah memilih mereka.

"Tidak akan ada negosiasi dengan Argentina kecuali rakyat pulau yang itu yang menginginkannya," kata Kemlu Inggris.

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Sejak tahun 1690, Inggris telah mengakui kedaulatannya di Falkland secara de jure. Barulah pada tahun 1883, Inggris mengakui Falkland secara de facto. Klaim ini dibantah oleh Argentina yang mengatakan bahwa Falkland berada di wilayah mereka. Kedua negara sempat terlibat perang pada 1986 saat Argentina menyerbu pulau yang mereka sebut Malvinas itu.

Lebih dari 900 tentara kedua kubu tewas dalam perang tersebut. Setelah perang berakhir, Inggris mengeluarkan dekrit kewarganegaraan bagi seluruh rakyat Falkland. Argentina mengklaim bahwa penduduk Falkland bukanlah penduduk asli, melainkan warga Inggris yang didatangkan untuk menggeser warga Argentina.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024