Ada Retakan di Airbus, 20 Pesawat Diperiksa

Pesawat Airbus A380 Superjumbo
Sumber :
  • Airbus.com

VIVAnews - Sebanyak 20 pesawat Airbus A380 Superjumbo jet akan diperiksa terkait dugaan adanya retakan di dalam komponen sayap. Pihak Airbus bersikeras retakan tersebut dapat diperbaiki dan tidak mengganggu keselamatan penerbangan.

Seperti diberitakan CNN, Rabu 25 Januari 2012, enam pesawat Airbus A380 yang memiliki rekam terbang dan mendarat terbanyak akan lebih dulu diperiksa pada Jumat waktu setempat. Sementara 14 pesawat lainnya, termasuk dua pesawat uji coba, akan diperiksa dalam enam minggu ke depan.

Retakan ditemukan pada sayap di salah satu pesawat A380. Retakan terdapat pada dudukan komponen di dalam sayap. Menyusul penemuan tersebut, Badan Keamanan Penerbangan Eropa memerintahkan pemeriksaan terhadap 20 dari 68 pesawat Airbus A380.

Tom Williams, wakil presiden Airbus mengatakan bahwa retakan terjadi pada saat proses produksi, bukan pada saat beroperasi. Retakan juga bukanlah hal serius yang dapat membahayakan penerbangan.

Airbus, lanjutnya, telah membuat skema perbaikan pada retakan tersebut. Setelah diperbaiki, pesawat dapat kembali beroperasi. Dalam membuat pesawat ini, William mengatakan Airbus menggunakan bahan yang terbaik dan termutakhir.

"Dalam membuat pesawat ini, kami telah melampaui batasan dengan menggunakan serat karbon rib skin, sebuah rancangan inovatif untuk menghemat bahan bakar. Retakan pada dudukan adalah kombinasi dari faktor rancangan dan produksi," kata William.

Sebelumnya pada pekan ini, retakan juga ditemukan pada pesawat Airbus A380 milik maskapai Singapore Airline. Saat ini, empat pesawat Airbus milik maskapai tersebut tengah menjalani pemeriksaan dan perbaikan. Sesaat setelah diperbaiki, Airbus dapat kembali beroperasi. (umi)

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024