Badai Washi Filipina

Pasca Banjir, Tim SAR Tunggu Jasad Mengambang

Topan Washi di Kota Cagayan De Oro, Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Korban tewas terus bertambah akibat badai tropis Washi yang menghantam pulau Mindanao, Filipina, Sabtu lalu. Beberapa dari jasad sulit dikenali, sementara itu ratusan lainnya masih belum ditemukan.

Dilansir dari BBC, Senin 19 Desember 2011, korban tewas pasca Washi mencapai 652 orang. Sementara itu, sebanyak 800 orang masih belum ditemukan. Tim SAR dan Palang Merah Filipina masih berusaha membantu korban selamat dan menyiapkan pemakaman massal bagi korban tewas.

Dipersiapkan juga pemakaman bagi jasad yang tidak bisa dikenali lagi. Banjir yang belum surut juga menyulitkan pencarian korban. Benito Ramos, kepala pusat kendali bencana Filipina, mengatakan mereka akan menunggu banjir surut untuk mengumpulkan jenazah.

"Kami disini menunggu jasad-jasad yang mengambang setelah banjir," kata Benito.

Badai Washi telah melewati selatan Filipina pada Senin dini hari waktu setempat. Lebih dari 135 ribu penduduk pulau terbesar kedua di Filipina diperkirakan terdampak badai, dan 47 ribu di antaranya berada di pusat evakuasi, seperti dimuat CNN.

Pemerintah mengatakan para korban selamat kini benar-benar membutuhkan air bersih, obat-obatan, dan lebih banyak tempat penampungan. Amerika Serikat dan China telah menawarkan bantuan untuk memberikan bantuan pangan, pakaian, tempat penampungan, dan tenaga untuk membantu proses penyelamatan.

Warga Filipina bisa sedikit bernafas lega karena Badan Atmosfir, Geofisika, dan Astronomi Filipina tidak mengeluarkan peringatan adanya badai susulan. Namun, mereka masih harus membereskan daerah yang porak poranda setelah diterjang badai.

Daerah yang paling parah terdampak banjir adalah kota Iligan dan Cagayan de Oro, dimana banyak rumah penduduk yang tersapu akibat banjir yang menyerbu saat sedang tertidur lelap. Pemerintah Filipina konon dikritik karena dianggap kurang gencar memberi peringatan datangnya badai.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil
SBY bersama Ibas Hadiri acara Jalan Sehat di Pacitan

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Putra bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan raihan suara tertinggi di dapilnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024