Topan Washi Hilangkan Ratusan Warga

Banjir akibat topan Nalgae di Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Cheryl Ravelo

VIVAnews - Tim penyelamat Filipina hari ini terus berjuang mencari 450 orang lebih yang masih hilang, setelah banjir bandang dan tanah longsor menyapu rumah-rumah mereka ke sungai dan ke laut. Bencana di Filipina Selatan tersebut menewaskan lebih dari 500 orang.

Topan Washi terjadi di kawasan Cagayan de Oro dan kota-kota Iligan di pulau Mindanao. Saat itu, orang-orang sedang tertidur lelap pada Jumat malam. Namun, besok harinya (Sabtu), air dan lumpur didapati sudah memasuki desa-desa mereka.

Palang Merah Filipina (PNRC) memperkirakan 532 orang tewas di delapan provinsi di wilayah Mindanao selatan itu, dan lebih dari 450 orang masih hilang.

"Kantor kami dibanjiri ratusan permintaan untuk membantu menemukan orang tua, anak-anak, dan kerabat mereka yang hilang," kata Gwendolyn Pang, Sekretaris Jenderal PNRC, kepada wartawan, seperti dilansir kantor berita Reuters, Minggu 18 Desember 2011.

"Kami membantu mengkoordinasikan pencarian dengan pemerintah setempat, tentara, polisi, bahkan lembaga bantuan lain," tambah Pang.

Seperti diketahui, banjir tersebut juga menghanyutkan rumah-rumah seluruh keluarga di puluhan desa pesisir di Cagayan de Oro dan Iligan.

"Ini adalah pertama kalinya ini terjadi di kota kami," kata Vicente Emano, Walikota Cagayan de Oro, dalam sebuah wawancara radio.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan bahwa para pejabat di daerah tersebut tidak menerima peringatan sebelum topan melanda.

Sementara itu, laporan terbaru oleh badan bencana negara mengungkapkan, sedikitnya 332 orang telah tewas dan 281 hilang akibat bencana banjir bandang tersebut. (ren)

Menteri AHY Janjikan Ini soal Pengadaan Lahan untuk Proyek Strategis Nasional
KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan Sendiri, Salah Satunya Karutan

ICW Soroti Kasus Pungli di Rutan KPK: Betapa Bobroknya Lembaga Antirasuah Itu

KPK menetapkan sebanyak 15 orang menjadi tersangka kasus pungli di rutan KPK. Salah satunya kepala rutan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024