FOTO: Tentara Cantik Israel Dipenjara

Anat Kamm
Sumber :
  • REUTERS/ Ronen Zvulun

VIVAnews - Sebuah pengadilan Israel menghukum Anat Kamm (24), seorang perempuan cantik mantan tentara Israel, empat setengah tahun penjara atas tuduhan menyebarkan dokumen rahasia ke sebuah media massa. Dokumen ini sendiri berisi kebijakan untuk membunuh militan Palestina.

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Kamm didakwa pada Februari 2008 memiliki dan menyebarkan informasi rahasia, namun hakim memutuskan dakwaan membahayakan keamanan negara atas perempuan yang kemudian bekerja sebagai wartawan ini dicabut. Kamm hanya diputus bersalah mengunduh 2.085 dokumen militer dalam sebuah cakram selama bertugas sebagai tentara, lalu menyebarkan beberapa informasi ini ke koresponden harian Haaretz.

Reuters melaporkan, koran ini sejak 2008 melaporkan pejabat militer telah mensahkan rencana pembunuhan militan Palestina, sehingga mungkin melanggar hukum Israel. Kelompok pembela hak asasi manusia mengkritik kebijakan Israel yang telah berjalan sejak tahun 2000 itu. 

Areum Eks T-ARA Akhirnya Putus dengan Pacarnya Usai Menimbulkan Kontroversi

Majelis hakim yang terdiri dari tiga orang itu kemudian menghukum Kamm 4,5 tahun penjara dan tambahan 18 bulan hukuman percobaan. Dokumen pengadilan menemukan, "motif di belakang dokumen sangat ideologis."

Avigdor Feldman, salah satu pengacara Kamm, menyatakan saat terdakwa melakukan itu, dia percaya "tersangkut dalam bukti kejahatan perang." 

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Sejak akhir 2009, Kamm telah jadi tahanan rumah. Lihat foto-foto Kamm di sini.

Kementerian Agama Luncurkan Program Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kemenag pada tahun anggaran 2024, memulai program pendidikan agama Islam dan bantuan pesantren.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024