DUNIA

Android Jadi Target Favorit Serangan Malware

Sebaliknya, serangan malware pada sistem operasi BlackBerry justru menurun.
Selasa, 22 November 2011
Oleh : Anggi Kusumadewi, Amal Nur Ngazis
Perangkat android

VIVAnews – Rilis Mc Afee terbaru meyebutkan, sepanjang kuartal ketiga tahun ini, sistem operasi android menjadi target utama serangan malware pada perangkat selular.

Berdasarkan laporan tersebut, jumlah malware yang menyasar perangkat android melonjak hampir 37 persen. Hal ini sekaligus mentahbiskan tahun 2011 sebagai tahun tersibuk dalam sejarah malware. Menurut Mc Afee, seperti dilansir techcrunch.com, hampir semua mobile malware baru dalam kuartal ketiga ini, menyasar Android.
 
Mc Afee menjelaskan, pemilik malware memanfaatkan popularitas perangkat android. Salah satu bentuk malware yang paling poluler pada kuartal ketiga ini yakni berupa pengiriman SMS Trojan. Malware ini bisa mencuri kumpulan informasi personal, bahkan mencuri uang si pemilik telepon selular berperangkat android tersebut.

Selain itu, ada pula metode baru pencurian informasi pengguna selular, berupa malware yang dapat merekam pembicaraan telepon dan meneruskanya kepada si penyerang. Mc Afee mencatat, tren serangan malware terhadap perangkat mobile berbasis android kali ini benar-benar menunjukkan peningkatan signifikan.

Uniknya, kenaikan serangan malware ini tidak terjadi pada sistem operasi lainnya seperti sistem operasi BlackBerry, Apple, dan Symbian. Serangan malware pada sistem operasi BlackBerry justru cenderung menurun.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found