PM Baru Italia: Mario Monti

Mario Monti
Sumber :
  • REUTERS/Stefano Rellandini

VIVAnews - Mario Monti resmi dilantik menjadi Perdana Menteri Italia yang baru kemarin. Gebrakan pertama yang dibuat pria yang dijuluki media Italia sebagai Super Mario ini adalah membentuk kabinet baru tanpa kehadiran seorang pun politisi sebagai anggota.

Untuk sementara waktu, Monti akan memegang jabatan ganda sebagai Perdana Menteri dan Menteri Keuangan. Dilansir dari kantor berita Reuters pada Rabu 16 November 2011, Monti akan mempresentasikan agenda legislatifnya di depan para anggota Senat pada hari ini.

Presentasi tersebut akan menjadi tantangan pertamanya sebagai PM baru. Pada hari Jumat, ia akan menghadapi pemungutan suara di Majelis Deputi Rendah.

Banyak yang menaruh harapan pada pemerintahan baru Monti, apalagi kondisi perekonomian Italia sedang stagnan dan hampir mengarah pada masa resesi. Saat ini Italia memiliki hutang publik sebesar 120 persen atau terbesar kedua di Eropa setelah Yunani.

Belum lagi ekonomi Italia dihimpit oleh biaya upah yang tinggi, produktivitas rendah, tingginya pajak, buruknya birokrasi, dan rendahnya jumlah lulusan universitas. "Namun jika pemerintahan Italia bisa seiring sejalan dengan rakyat, kita bisa menciptakan suasana politik yang kondusif," ujar Monti.

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Guru Besar Fakultas Psikologi UI Prof. Dr. Mirra Noor Milla, sepakat bahwa perempuan, anak-anak, dan remaja rentan terpapar radikalisme, seperti paparan BNPT

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024