Pengganti Berlusconi Seorang Ekonom

Mario Monti
Sumber :
  • REUTERS/Stefano Rellandini

VIVAnews - Silvio Berlusconi telah mundur dari kursi Perdana Menteri Italia sebagai buntut krisis ekonomi yang menghantam negeri Pizza itu. Kini mereka sedang mencari penggantinya.

Sebagaimana dilansir dari laman Reuters, Presiden Giorgio Napolitano telah meminta seorang ekonom, Mario Monti, untuk mengganti Berlusconi sebagai perdana menteri. Sosok Monti merupakan seorang ekonom ternama di Eropa.

Saat mengumumkan nominasi itu, Napolitano mengatakan Monti merupakan mantan Komisioner Uni Eropa yang mampu dan berpengalaman. Napolitano juga menyebut Monti merupakan sosok yang dihormati di Eropa dan dunia internasoinal.

Menanggapi pencalonannya itu, Monti mengatakan akan segera bekerja segera membentuk pemerintahan dan mengeluarkan Italia keluar dari krisis. Pemerintah baru ini diperkirakan akan menjadi kabinet yang ramping, yang terdiri dari sekitar 12 teknokrat dan akan diangkat dalam beberapa hari ke depan.

"Saya akan menjalankan tugas ini dengan rasa tangggung jawab besar untuk pelayanan negara kita. Pada saat kesulitan, khususnya bagi Italia, dalam situasi bergejolak untuk Eropa dan dunia, negara perlu memenghadapi tantangan itu," kata Monti setelah pencalonannya.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024