Berlusconi Mundur, Warga Italia Bersorak

PM Italia Silvio Berlusconi
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Bianchi/Files

VIVAnews - Perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi, akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya. Dia mundur tak lama setelah bertemu dengan Presiden Italia Giorgio Napolitano, di Roma, Sabtu 12 November 2011.

Depok Masuk Aglomerasi DKJ, Wakil Wali Kota: Semoga Lebih Banyak Positifnya

Pengunduran diri dilakukan untuk memberi kesempatan kepada pemerintah darurat agar dapat menyelamatkan Italia dari krisis keuangan.

Pengunduran diri Silvio Berlusconi langsung disambut sorak sorai ribuan warga yang memadati pusat kota Roma.

Mereka ingin menyaksikan jatuhnya pemerintahan sang perdana menteri di tengah tak menentunya mata uang eropa dan gejolak pasar yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Pengunduran diri Silvio mengakhiri 17-tahun era penuh gejolak politik dan di tengah gerakan untuk melakukan transisi pemerintahan yang bertujuan membawa negara itu keluar dari jurang krisis ekonomi.

Lebih dari seribu demonstran melambaikan spanduk mengejek Berlusconi sambil berjalan menuju kediaman Presiden di Istana Quirinale.

Mereka bersuka cita menyambut pengunduran diri Berlusconi. Orang-orang bernyanyi, menari dan berpesat sampanye. "Kami di sini untuk bersukacita," kata salah satu demostran seperti dikuti seperti dikutip kantor berita Reuters.

Demonstran, yang meneriakkan "mundur, mundur, mundur", juga berkumpul di luar kantor perdana menteri dan parlemen, mengejek menteri saat mereka berjalan di antara dua bangunan. Kelompok pro-Berlusconi juga berkumpul di luar kediamannya. Tetapi jumlah mereka kalah banyak.

Setelah pengunduran diri, ratusan warga berteriak "penjara, penjara, penjara."
Awalnya niat pengunduran diri Berlusconi muncul beberapa jam setelah parlemen Italia pada Selasa waktu setempat menyetujui reformasi anggaran melalui pemungutan suara tahap pertama.

Menurut stasiun berita CNN, pengunduran diri Berlusconi akan berlangsung selambat-lambatnya pada pekan pertama Desember 2011, atau setelah berlangsung pemungutan suara tahap akhir mengenai reformasi anggaran.

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Namun, konglomerat telekomunikasi itu bisa dipaksa mundur lebih cepat bila kalangan pasar kembali menaikkan suku bunga obligasi Italia, yang sudah mencapai rekor tertinggi.

Menurut stasiun berita BBC, utang Italia kini sudah sebesar 1,9 triliun euro, atau sekitar US$2,6 triliun. Mengingat Italia adalah ekonomi ketiga terbesar di zona euro, krisis ini bisa berpengaruh ke sesama negara pengguna mata uang itu bila krisis tambah parah. 


Tangkapan layar anggota TNI tewas tersambar petir di Cilangkap

Berteduh Sambil Main HP, 3 Anggota TNI Tersambar Petir di Dekat Mabes Cilangkap

Tiga orang anggota TNI tersambar petir di depan kawasan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Hal itu diungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Nugraha Gumilar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024