IMF: Negara Maju Bisa Terjun ke Jurang Resesi

Gedung IMF di Washington DC
Sumber :
  • solarnavigator.net

VIVAnews - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Jumat, 11 November 2011 mengingatkan bahwa negara maju bisa kembali jatuh ke jurang resesi. Kecuali, para pembuat kebijakan bergerak cepat untuk menyepakati kebijakan yang bisa mendongkrak pertumbuhan.

Dalam catatan yang disiapkan untuk pertemuan puncak G20 di Cannes, Perancis, pekan lalu, namun baru dipublikasikan Jumat ini, IMF mengatakan, ibarat mobil, pemulihan ekonomi di negara maju "masih ada di gigi terendah".

"Kebijakan yang melumpuhkan dan tidak logis telah memperburuk ketidakpastian, kehilangan kepercayaan, dan tekanan tinggi di pasar keuangan," kata IMF seperti dilansir dari kantor berita Reuters.

IMF mengatakan, menjaga kredibilitas rencana jangka menengah di bidangĀ  fiskal dan menyusun kerangka reformasi sektor keuangan sangat diperlukan untuk keberlanjutan ekonomi negara maju. Kuncinya, pemerintah harus bergerak cepat seiring apresiasi nilai tukar.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Ada "ketidakpastian yang cukup besar" tentang bagaimana keberlanjutan fiskal yang akan dicapai di Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara kawasan euro.

"Untuk mengurangi ketidakpastian ini, ekonomi-ekonomi perlu bergerak cepat dengan menempatkan rencana konsolidasi jangka menengah yang kredibel, yang akan membantu melestarikan ruang untuk jangka pendek, yang mendukung fiskal untuk pemulihan," tambahnya.

KTT G20 dilaksanakan untuk mencegah meluasnya krisis di zona euro, khususnya di Yunani dan Italia.

 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024