Sarkozy pada Obama: PM Israel Pembohong

Presiden Barack Obama (kanan) dalam KTT G20 di Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVAnews - Di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Cannes minggu lalu, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy terlibat dalam sebuah pembicaraan seru.

Selama diskusi, Sarkozy mengeluarkan pendapat negatif tentang Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. "Saya tidak tahan dengannya, dia pembohong," kata Sarkozy, kala itu, seperti dimuat Telegraph, 8 November 2011.

Namun, alih-alih membantah dan mempertahankan citranya sebagai 'sahabat Israel', Obama justru menimpali. "Anda mungkin muak padanya, (tapi) saya harus berurusan dengan dia setiap hari," kata dia.

Pembicaraan tersebut diyakini sebagai pembicaraan pribadi, tanpa menyadari isi diskusi itu bocor ke publik.

Soal pendapat, itu hak pribadi. Namun, bagi Obama, ini bisa berakibat buruk. Pernyataannya bisa mendorong warga Amerika Serikat sayap kanan dan pro-Israel - mempertanyakan klaim Obama sebagai sahabat Israel. Itu bisa mempengaruhi kampanyenya pada pemilihan tahun depan.

Bocornya transkrip pembicaraan dua negara disambut gembira Partai Republik yang menuduh Obama sengaja 'melempar Israel ke bawah bus' saat ia mengkritik kebijakan pembangunan pemukiman Netanyahu di Yerusalem Timur dan Tepi Barat.

John McCain, senator Partai Republik asal Arizona -- yang dikalahkan Obama dalam Pemilihan Presiden tahun 2008, menuduh, komentar-komentar Obama-Sarkozy sebagai indikasi antipati terhadap Israel. "Kebetulan saya adalah pengagum berat PM Netanyahu," kata McCain pada FOX News.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

"Israel mungkin berada di bawah tekanan dan menghadapi bahaya terberat sejak Perang 1967. Komentar semacam ini tidak hanya tak membantu, tapi mengindikasikan kebijakan pemerintah."

Pembicaraan Obama-Sarkozy didengar wartawan yang menunggu keduanya saat rapat. Sebenarnya kebocoran isi itu sudah dicegah dengan cara tidak memberikan perangkat penerjemah selama pertemuan pribadi dilakukan. Namun, para awak media punya perangkat mereka sendiri.

Meskipun mereka setuju untuk mematuhi tradisi Perancis - menghormati percakapan yang bersifat pribadi - pembicaraan Obama-Sarkozy diungkapkan kemarin di situs Perancis bernama Arret sur Images. Isi pembicaraan itu kemudian dikonfirmasi oleh wartawan yang ikut mendengarkan pembicaraan dua presiden.

Hubungan Obama dan Netanyahu memang sering diwarnai ketegangan. Maret tahun lalu misalnya, Netanyahu dipaksa menunggu sejam lebih seperti "kepiting rebus" di Gedung Putih, saat Obama diduga ke luar dari perundingan yang berlangsung tegang untuk makan malam dengan keluarganya. 

Di bawah tekanan dari Partai Republik dan pendukung Israel dalam partainya sendiri, Obama pun berkompromi, dengan tidak mendukung usaha Palestina menjadi anggota PBB.

Perbincangan Obama-Sarkozy yang bocor mengundang reaksi keras dari warga Israel. Dalam Facebook Kedutaan Besar AS di Tel Aviv, protes bernada serupa berdatangan. "Kami tak terima presiden Anda menghina pemimpin kami. Kanan atau kiri, kami berada di belakang perdana menteri. Seseorang seharusnya tak menghina sahabatnya sendiri."

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Pemerintah AS, Perancis, juga Israel.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024