Khadafi Diduga Sembunyi di Aljazair

Muammar Khadafi Pemimpin Libya
Sumber :
  • therealtimer.com

VIVAnews - Diktator pemimpin Libya, Moammar Khadafi, diperkirakan sembunyi di kota terpencil di perbatasan antara Libya dan Aljazair. Di tempat ini, Khadafi diduga dilindungi oleh warga setempat yang telah dibayar untuk tutup mulut.

Informasi ini disampaikan oleh tim pencari Khadafi yang dibentuk oleh Dewan Transisi Nasional (NTC), dilansir dari laman The Guardian, Rabu 28 September 2011. Menurut pernyataan kelompok ini, Khadafi kemungkinan berada di dekat kota Ghadamis.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Kota yang dijuluki kota Oasis ini memiliki dinding yang tinggi dan penduduknya adalah suku Tuareg yang beretnis Berber, warga asli Afrika Utara yang loyal pada Khadafi. Alasan inilah yang membuat kota yang diberi predikat warisan dunia oleh Unesco ini cocok untuk tempat persembunyian diktator Libya tersebut.

Kecurigaan mengarah ke kota ini setelah minggu lalu terjadi serangan yang menewaskan sembilan tentara NTC di perbatasan Aljazair. Hisham Buhagiar, koordinator pemburu Khadafi, mengatakan suku Tuareg diduga melakukan penyerangan dan melindungi Khadafi karena dibayar.

Juru bicara militer NTC, Kolonel Ahmed Bani, mengatakan keberadaan Khadafi masih teka-teki. Namun, dia bisa dipastikan putra Khadafi, Mutasim, berada di kota Sirte. Putra Khadafi lainnya, Saif al-Islam di kota Bani Walid, Selatan Tripoli. Di kedua kota ini, pertempuran antara tentara Libya dengan NTC masih terus berlangsung.

"Keberadaan Khadafi masih belum jelas. Tapi tidak masalah. Yang menjadi pikiran kami sekarang adalah menyempurnakan kebebasan di Libya. Ini baru akan terwujud jika manusia haus darah (Khadafi) tertangkap. Kami akan menemukan dia," kata Bani.

Menurut NTC, Khadafi terakhir kali terlihat beberapa hari lalu di Tripoli. Seorang saksi melihatnya di sebuah pangkalan militer bersama putrinya Aisha, yang saat ini berada di Aljazair. Aisha dilaporkan berhasil kabur ke negara tersebut bersama dengan istri Khadafi, Safia, dua putranya, Hannibal dan Mohammed, serta beberapa kerabat lainnya. (eh)

Pelek HSR Speedster

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

al ini memungkinkan para pemilik mobil kecil untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024