RI Desak Dukungan Non Blok Bagi Palestina

Bendera Palestina.
Sumber :
  • Reuters/Yannis Behrakis/Files

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menilai pengajuan Palestina sebagai anggota PBB bukanlah sebuah tujuan akhir. Namun, hal tersebut harus menjadi katalis bagi dilanjutkannya proses perdamaian guna mencapai solusi berdirinya negara Palestina.

Hal tersebut disampaikan Marty pada pertemuan koordinasi tingkat menteri negara-negara Gerakan Non Blok (GNB) di Markas Besar PBB, New York, Kamis 22 September 2011.

Marty mengajak GNB bersikap solid. Terutama untuk mengantisipasi keputusan Dewan Keamanan PBB atas pengajuan status keanggotaan Palestina itu. "Kaukus GNB di DK PBB perlu menyampaikan sinyal yang kuat mengenai solidaritas dan kesatuan sikap kuat GNB terhadap keinginan rakyat Palestina," kata Marty.

Selain itu, Marty juga mengajak negara-negara GNB terus merapatkan diri dan bekerja sama untuk mendukung keputusan bangsa Palestina itu. Seperti yang diputuskan pada Pertemuan Tingkat Menteri GNB di Bali, Mei lalu. "Kita telah menyepakati rencana aksi untuk mendukung masalah Palestina dan pengajuan Palestina sebagai anggota tetap PBB pada sesi ke-66 Sidang Majelis Umum PBB," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Pertemuan Tingkat Menteri GNB di Bali tersebut juga memberikan mandat kepada Mesir selaku Ketua GNB untuk mengkomunikasikan perlunya negara-negara yang belum mengakui negara Palestina, segera melakukan pengakuan. Hal ini diperlukan untuk memperluas dukungan terhadap Palestina.

Dari pertemuan di Bali hingga kini, tutur Marty, banyak negara anggota PBB yang telah mengindikasikan dukungan terhadap pengajuan keanggotaan Palestina di PBB.

Pada kesempatan pertemuan itu, Menlu juga kembali menyampaikan sikap dan dukungan Indonesia dari awal terhadap perjuangan Palestina. "Bagi Indonesia, masalah Palestina mewakili masalah utama perjuangan melawan kolonialisme. Sangat alamiah bagi kami dan GNB untuk mendukung aspirasi rakyat Palestina menentukan nasib dan kemerdekaan di tanahnya sendiri," ujarnya. (eh)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024