22-9-2009: China Angkat Jenderal Termuda

Jenderal Mao Xinyu
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Pada dua tahun lalu militer China mencatat sejarah dengan mengangkat seorang jenderal termuda di negara mereka. Dia adalah Mao Xinyu, cucu pendiri Republik Rakyat China (RRC), Mao Zedong. Saat itu, dia masih berusia 39 tahun. 

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya

Menurut harian Chongqing Evening News dan Changjiang Daily, Mao Xinyu menerima promosi pangkat dari kolonel menjadi mayor jenderal. Mao sebenarnya sudah menerima kenaikan pangkat pada Juni 2009, namun baru diumumkan secara resmi pada September.

Mao Xinyu sebenarnya belum memiliki pengalaman tempur. Pria bertubuh gempal itu hanya dikenal sebagai peneliti sejarah di Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dengan bergelar doktor.

796 Ribu AgenBRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Masyarakat Selama Libur Lebaran

Mao Xinyu sudah diundang menghadiri sejumlah acara yang disponsori pemerintah provinsi Hunan, kampung halaman kakeknya. Dia pun sudah mengenakan seragam perwira tinggi berpangkat mayor jenderal.

Maka, pria 39 tahun itu menjadi jenderal termuda di PLA. Kakeknya, yang populer disebut sebagai "Ketua Mao," adalah pemimpin revolusi yang mendirikan negara Republik Rakyat China tahun 1949. Sejak saat itu, Mao Zedong tampil sebagai pemimpin RRC merangkap Ketua Partai Komunis China hingga dia wafat pada tahun 1976.

Baterai Blade BYD

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

BYD, raksasa otomotif dan baterai asal Tiongkok, mengumumkan peluncuran baterai blade generasi kedua yang dijadwalkan pada akhir tahun ini, kemungkinan pada bulan Agustus

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024