DUNIA

FOTO: Menjajal Pesawat Buatan Kanada

Bombardier mengklaim pesawat mereka lebih hemat 15 persen dibanding pesawat lainnya.

ddd
Senin, 22 Agustus 2011, 14:49 Denny Armandhanu
Demo Terbang Pesawat Bombardier CRJ700 NextGen
Demo Terbang Pesawat Bombardier CRJ700 NextGen (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - Perusahaan produsen pesawat terbang asal Kanada, Bombardier, memboyong pesawat tipe CRJ700 untuk diperkenalkan ke Indonesia. Pesawat ini adalah tipe kecil dari CRJ1000 yang coba ditawarkan Bombardier kepada maskapai Garuda Indonesia.

Pesawat tipe CRJ ini diklaim memiliki tingkat hemat bahan bakar dan operasional hingga 15 persen. Hal ini dikarenakan bobot pesawat yang lebih ringan dibandingkan pesawat penumpang sejenisnya. Menurut pantauan VIVAnews, ringannya pesawat membuat tinggal landas maupun pendaratan berlangsung dengan mulus.

Kendati ringan, turbulensi yang terjadi ketika di udara sangat minim. Suara mesin juga tidak terlalu kencang, emisi gas buang juga diklaim sedikit. Hal inilah yang membuat pesawat CRJ adalah tipe pesawat ramah lingkungan.

Kapasitas penumpang sekitar 66-78 penumpang. Selain tingkat kehematan, Bombardier juga mengusung kelebihan dalam letak bagasi yang lebih luas. Keseluruhan, Bombardier mengklaim tingkat keekonomisan pesawat ini dapat membuat maskapai menghemat hingga US$1 juta (Rp8,5 miliar).

Pesawat bermesin turbo CF34-8C5 buatan General Electric ini dibanderol seharga US$45 juta atau sekitar Rp385 miliar. Belum ada keputusan dari pihak Garuda apakah akan membeli pesawat ini atau tidak.

Untuk melihat foto-foto pesawat tipe CRJ, klik tautan ini. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com