Pembakaran Mobil Merebak di Berlin

Pembakaran mobil di Berlin, Jerman.
Sumber :
  • AP Photo/dapd, Oliver Lang

VIVAnews - Warga Berlin sedang ditimpa keresahan menyusul banyaknya kasus-kasus pembakaran mobil selama beberapa hari belakangan. Pada Kamis malam saja, sebanyak sembilan mobil telah dibakar oleh orang yang tidak dikenal.

Dilansir dari laman Associated Press, peristiwa ini mencapai puncaknya pada tiga hari belakangan. Dilaporkan, sudah 40 mobil warga yang dibakar dalam kurun waktu tersebut. Kepolisian Berlin tidak memiliki bukti apapun yang mengarahkan kepada pelaku.

Kereta Cepat Whoosh Dikabarkan Mengalami Kebocoran, KCIC Buka Suara

"Kami sangat butuh masukan dari para warga," kata Rainer Wendt, kepala serikat polisi Jerman.

Polisi mengerahkan 100 aparatnya ke berbagai daerah di Berlin. Polisi bahkan akan memberikan hadiah sebesar 5.000 euro atau sekitar Rp61 juta bagi warga yang membantu menangkap pelaku. Sampai saat ini, tidak diketahui motif pembakaran tersebut.

"Pelaku mungkin individual, atau sekelompok kecil masyarakat. Saya tidak menemukan motif politik di balik peristiwa ini," kata juru bicara kepolisian Jerman, Thomas Neuendorf.

Kasus pembakaran mobil bukan kali pertamanya terjadi di Jerman. Sebelumnya, tahun 2010, sebanyak 54 mobil dibakar orang tidak dikenal. Pada tahun ini jumlahnya meningkat pesat, yaitu 135 mobil hingga Agustus saja.

Polisi mengatakan, kebanyakan mobil yang dibakar adalah mobil-mobil mewah di wilayah pemukiman Berlin barat. di antaranya adalah tiga BMW, tiga Audi, Ford, Opel dan Volkswagen. Uwe Frers, pendiri situs "pembakaran mobil di Jerman", mengatakan pembakaran dimotivasi oleh rasa iri dan kesenjangan sosial.

"Pembakaran biasanya terjadi di wilayah seperti Kreuzberg, Berlin Mitte atau Friedrichshain. Penduduk asli wilayah tersebut tidak menyukai para pemukim kaya, jadi mereka membakar mobil-mobil mereka," kata Uwe, dilansir dari laman CNN.

Namun, sosiolog Jerman, Klaus Hurrelmann, mengatakan motivasi pembakaran berubah seiring waktu. Menurutnya, pembakaran kali ini hendak menciptakan kerusuhan besar seperti di London, Inggris, beberapa waktu lalu.

"Pelakunya kemungkinan adalah para pemuda yang mencoba memulai kerusuhan seperti di London. Membakar mobil itu gampang dan murah," ujar Hurrelmann.

Detik-detik Serangan Rudal Israel Tewaskan 3 Anak dan Cucu Pentolan Hamas Ismail Haniyeh
Pemudik saat meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol Cikampek Utama

1 Juta Kendaraan Diprediksi Balik Jakarta, Polda Metro Siapkan Strategi Agar Tidak Macet

Polisi melalui Polda Metro Jaya mengimbau agar pemudik yang balik ke Jakarta nanti bisa memakai tol fungsional seperti Tol Cimanggis-Cibitung.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024