Kerabat Kerajaan Tewas Saat Serangan Breivik

Tragedi Utoya
Sumber :
  • AP Photo/Matt Dunham

VIVAnews - Di antara 76 korban yang tewas dalam serangan Anders Behring Breivik di pulau Utoya, Norwegia, pada Jumat lalu, salah satunya ternyata adalah saudara tiri anggota kerajaan. Korban tewas saat berusaha melindungi putranya dari tembakan.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa 26 Juli 2011, korban adalah seorang polisi bernama Trond Berntsen yang saat itu sedang bertugas mengawasi kamp pemuda Partai Buruh. Berntsen adalah saudara tiri putri mahkota Norwegia, Putri Mette-Marit. Mereka menjadi saudara setelah ayah Berntsen menikahi ibu Mette-Marit pada 1994.

Berntsen yang di hari naas itu sedang tidak membawa senjata, langsung bergerak ke dermaga setelah menerima laporan adanya lelaki mencurigakan masuk pulau. Seorang penumpang yang satu kapal dengan Breivik, Monica Bosei, meningkatkan kewaspadaannya ketika mendengar adanya pemboman di Oslo.

Ia lantas menanyai pendapat Breivik tentang serangan tersebut, dan langsung curiga begitu mendengar jawabannya. Begitu feri merapat di dermaga, Bosei langsung melaporkan kecurigaannya pada Berntsen, yang langsung menemui Breivik. Tak dinyana, Breivik langsung mengeluarkan senjata dan menembak keduanya.

"Berntsen tak gentar menghadapi seseorang yang mencurigakan walaupun tahu orang itu membawa senjata, dan ia sendiri tidak bersenjata," kata Bosei. Breivik lantas masuk ke dalam pulau dan tembakannya semakin membabi buta.

Berntsen yang masih bertahan akhirnya tewas saat melindungi putranya yang masih berusia 10 tahun dari tembakan. Sang putra, yang tidak disebutkan namanya, didorongnya ke dalam semak-semak supaya tak terlihat Breivik. Bocah ini selamat dari serangan, dan turut memberi kesaksian pada polisi.

Kabar kematian Berntsen sudah dikonfirmasi kerajaan Norwegia pada Senin 25 Juli 2011. Juru bicara kerajaan mengatakan, "Putri mahkota menyampaikan duka cita mendalam terhadap keluarga yang ditinggalkan." Putri Mahkota Mette-Marit sendiri tampak tak kuasa membendung kesedihannya saat menghadiri acara untuk mengenang para korban tewas di katedral. (umi)

Prediksi Serie A: Fiorentina vs AC Milan
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku tak berkecil hati meski partainya kehilangan sejumlah kursi di DPR RI periode 2024-2029. Justru, AHY me

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024