Bandara Bali Siap Sambut Hillary Clinton

Bandara Ngurah Rai Bali
Sumber :

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dijadwalkan tiba di Bali pada Jumat 22 Juli 2011. Kedatangannya ke Bali untuk mengikuti pertemuan ke-18 ASEAN Regional Forum (ARF).

Administratur Bandara Ngurah Rai Bali, Yuli Sudoso dihubungi Rabu, 20 Juli 2011, mengatakan  pihaknya akan melaksanakan tugas sesuai standar operasional prosedur (SOP) saat Clinton tiba di Bali.

Salah satu SOP pengamanan di bandara adalah penutupan landasan total setengah jam sebelum dan sesudah pesawat yang ditumpangi Clinton mendarat. Sudoso menambahkan, pihak bandara sendiri sudah sangat siap baik dari sisi pelayanan maupun keamanannya. "Ya ini berbeda dengan persiapan penyambutan saat rencana kedatangan Presiden Barack Obama datang ke Bali," paparnya.

Sementara menyangkut sisi pengamanan selama pesawat Hillary mendarat, hal itu menjadi kewenangan aparat TNI Lanud Ngurah Rai. Diperoleh kabar jika rombongan Hillary akan bertolak dari Edelwine dengan pesawat C-32/SAM 190 dengan dikawal tim pengamanan lengkap dengan senjata dan amunisi.
Namun, kebenaran informasi tersebut belum bisa dipastikan sepenuhnya.

Komandan Lanud Ngurah Rai Letkol (Pnb) Jumarto yang dikonfirmasi terpisah tidak bersedia menjelaskan secara lebih detil jenis pesawat hingga jadwal kedatangan rombongan Hillary. Sementara menyangkut daftar jenis senjata dan amunisi yang dipakai pengawal Hillary, sudah diinformasikan ke pihak otoritas bandara.

"Saya tidak hafal berapa jumlah dan jenis senjata apa saja termasuk amunisi yang dibawa personel keamanan Menlu AS Hillary. Mengenai daftarnya sudah kami terima," kata Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai Ngurah Rai, Bali I Made Wijaya.

Sama seperti tamu negara baik Presiden atau pejabat tinggi lainnya, biasanya membawa pasukan keamanan tersendiri dan senjata. "Kami tentu akan periksa satu persatu senjata mereka, sepanjang sudah mendapat izin dari kepolisian dan Kemenlu, ya kami persilakan dibawa tetapi kalau tidak dapat izin, ya kami tahan," ujar Wijaya. (Laporan Bobby Andalan | Bali, eh)

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

LSI merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024, salah satunya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami kenaikan, yakni 76,2 persen.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024