VIDEO: Wanita Penghibur Indonesia di Belanda

Jugun Ianfu
Sumber :
  • cephasphotoforum.org

VIVAnews - Sebanyak 18 potret perempuan Indonesia lanjut usia korban jugun ianfu (wanita penghibur masa penjajahan Jepang) dipamerkan di Museum Veteran Bronbeek, Kota Arnhem, Belanda. Foto-foto ini merupakan hasil proyek Troostmeisjes yang dilakukan jurnalis Hilde Janssen bersama fotografer Jan Banning sejak tahun 2007.

Melalui proyek ini, Hilde Janssen ingin dunia tahu bahwa banyak perempuan Indonesia yang dipaksa melayani nafsu birahi tentara Jepang. Kisah-kisah Troostmeisjes Indonesia, juga diangkat Hilde Janssen lewat bukunya yang berjudul 'Aib Tanpa Dosa' dan 'Kebisuan Jugun Ianfu di Indonesia tentang Masa Perang Kelabunya'.

Pameran foto di Museum Veteran Bronbeek ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, foto-foto tersebut dipamerkan di kota Rotterdam dan ibu kota Indonesia, Jakarta.

Menurut Hilde janssen, selama ini pada umumnya warga Belanda hanya tahu bahwa perempuan-perempuan Belanda yang jadi korban kebengisan tentara Jepang. Maklum pelajaran sejarah di sekolah-sekolah Belanda sedikit saja mengangkat hal-hal terkait masa penjajahan di Indonesia.

Lihat videonya di sini.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024