Kota Rusia ini Paling Sering Diserang Hacker

Seorang staf mengecek keamanan jaringan internet di Seoul, Korsel
Sumber :
  • AP Photo/Ahn Young-joon

VIVAnews - Boleh jadi Amerika Serikat dan China adalah negara dengan serangan internet terbanyak di dunia. Namun, kalau bicara soal kota terbanyak diserang hacker, maka sebuah kota di Rusia pemenangnya.

Menurut hasil riset Pusat Telematika Universitas Twente, Belanda, bekerja sama dengan perusahaan keamanan internet Quarantainenet pada pekan ini, kota Chelyabinsk di Rusia paling banyak diserang hacker. Penghitungan didasarkan pada serangan per satu juta penduduk.

Berdasarkan hasil penelitian, dilansir dari laman Physorg, kota Chelyabinsk menempati posisi pertama dengan 120 serangan per satu juta penduduk. Posisi kedua ditempati oleh Kuala Lumpur, Malaysia, sementara posisi ketiga ditempati oleh Buenos Aires, Argentina.

Perhitungan serangan berbasis kota dilakukan dengan pertimbangan radius yang lebih kecil di bandingkan penghitungan berbasis negara, yang kebanyakan posisi pertama ditempati AS atau China. Menurut pernyataan dari Universitas Twente, dengan penghitungan basis kota, maka aparat dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang akurat lokasi utama sarang hacker.

Sebelumnya, divisi cybercrime kepolisian Rusia, atau yang dikenal dengan Departemen K, mengatakan hacker Rusia adalah yang tercerdik di dunia. Hal ini disampaikan oleh Boris Miroshnikov, kepala departemen K pada Kongres e-Crime di London, Inggris, beberapa bulan lalu.

"Semua orang tahu warga Rusia jago matematika. Pembuat perangkat lunak kami terbaik di dunia, itulah mengapa hacker kami tercerdik di antara hacker lainnya," kata Boris.

Hacker dari Rusia sering melakukan serangan terhadap berbagai situs judi di Inggris. Serangan hacker ke Inggris ini merugikan negara itu sebesar 2,4 miliar poundsterling atau sekitar Rp20,4 triliun pada tahun 2010.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024