Iran Akan Adili 26 Pejabat MIliter AS

Mahmoud Ahmadinejad
Sumber :
  • AP Photo/Vahid Salemi

VIVAnews - Pemerintah Iran akan mengadili para pejabat tinggi militer Amerika Serikat secara in absentia atau tanpa kehadiran terdakwa. Sebanyak 26 petinggi militer ini diadili atas tuduhan pelanggaran HAM berat di beberapa negara Timur Tengah.

Dilansir dari laman CNN, Senin, 14 Juli 2011, pemerintah Iran tidak menyebutkan nama-nama terdakwa, namun kebanyakan dari mereka adalah mantan pejabat militer yang berhubungan dengan operasi AS di Irak maupun Afghanistan.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

"Mereka akan diadili di pengadilan Iran secara in absentia sebelum mereka diadukan ke Mahkamah internasional," ujar anggota parlemen Iran bagian keamanan nasional dan kebijakan luar negeri Iran, Esmaeel Koswari.

Dalam daftar terdakwa di antaranya adalah mantan menteri pertahanan AS, Donald Rumsfeld, dan para komandan sipir di penjara Guantanamo. Selain itu juga terdapat Paul Bremer, wakil pemerintahan AS di Irak pasca jatuhnya Saddam Husein, dan Jenderal Tommy Franks, kepala Komando Pusat AS pada pada invasi AS ke Afghanistan dan Irak. Koswari mengatakan mereka semua didakwa atas pelanggaran HAM.

"Kejahatan sebenarnya datang dari mereka yang katanya mendukung HAM. Republik Islam Iran akan dengan cermat mengadili para pejabat Amerika ini dan akan melindungi hak-hak rakyat yang teraniaya di seluruh dunia," ujar Kowsari.

Pengadilan ini disebut sebagai satu lagi pertikaian Iran dan AS setelah berkali-kali AS menjatuhkan sanksi ekonomi atas Iran. Pemerintah Iran menentang tuduhan AS atas program nuklirnya dan mengatakan nuklir Iran untuk tujuan medis dan energi. Iran juga telah menyampaikan keluhannya tersebut ke PBB.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024