Iran Melarang Lelaki Berpakaian Ala Barat

Pemilu Iran
Sumber :
  • AP Photo/Vahid Salemi

VIVAnews - Para lelaki harus waspada bila mengenakan kalung dan menguncir rambut mereka di Iran. Pasalnya, pemerintah Iran mulai menerapkan peraturan yang ketat terhadap gaya berpenampilan ala Barat di negara tersebut.   

Dilansir dari laman The Guardian, Selasa, 14 Juni 2011, pemerintah Iran melarang segala macam gaya berpakaian model Barat. Termasuk di antaranya adalah perhiasan dan gaya rambut yang dinilai glamor.

Gaya rambut pria yang tidak diperbolehkan adalah kuncir poni, mullet dan mohawk. Pria diperbolehkan untuk mengenakan pakaian pendek, tapi dilarang keras memakai celana pendek.

Bagi wanita peraturan lebih ketat lagi. Mereka dilarang mengenakan jilbab pendek, gamis ketat, dan baju pendek yang dapat memperlihatkan kulit mereka. Pakaian yang mereka kenakan harus menutup ujung rambut sampai ujung kaki, walaupun cuaca saat ini di Iran sedang panas.

Untuk menegakkan peraturan ini, pemerintah Iran telah menurunkan 70.000 polisi moral untuk menindak para pemakai baju yang tidak pantas. Selain denda, para pembangkang juga terancam hukuman penjara.

"Penegakan moral adalah berkat permintaan dari negara dan akan terus dilakukan sampai rakyat paham betul dan sadar," ujar Ahmadreza Radan, juru bicara kepolisian Iran.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Pemerintah Iran mengatakan bahwa peraturan ini bertujuan untuk menghentikan pencemaran moral pemuda oleh budaya Barat. Sebelumnya, pemerintah Iran telah mengeluarkan peraturan pidana yang melarang warganya memelihara anjing.

Binatang ini dianggap kotor dan melambangkan adat Barat. Bagi mereka yang memeliharanya, maka akan terancam hukuman pidana.

Xiaomi, Redmi Pad Pro 2024

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Redmi Pad Pro menawarkan layar besar 12,1 inci dengan refresh rate 120Hz, performa tangguh dari Snapdragon 7s Gen 2, dan baterai 10.000 mAh yang tahan lama hingga berjam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024