Gubernur Bank Israel, Kandidat Direktur IMF

Gubernur Bank Israel, Stanley Fischer.
Sumber :
  • AP Photo/Sebastian Scheiner, File

VIVAnews - Gubernur Bank Israel, Stanley Fischer, telah mengajukan lamarannya untuk menjadi salah satu kandidat Direktur IMF menggantikan Dominique Strauss-Kahn. Kendati usianya melebihi persyaratan, namun dia yakin cukup kompeten memangku jabatan tersebut.

Dilansir dari laman Associated Press, Sabtu, 11 Juni 2011, Fischer telah mengajukan lamarannya kepada IMF di Washington DC, Amerika Serikat pekan lalu. Fischer mengatakan dia tidak ingin kehilangan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impiannya.

"Kesempatan luar biasa, tidak terduga dan sekali seumur hidup telah datang, saya akhirnya melamar dengan berbagai pertimbangan," ujar Fischer.

Keikutsertaannya dalam kursi calon direktur IMF telah disampaikan kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan Menteri Keuangan Israel, Yuval Steinitz. Keduanya menyatakan dukungan atas keputusan Fischer. "Posisi ini cocok untuk Fischer," ujar Steinitz.

Fischer pernah menjabat menjadi wakil direktur pelaksana IMF pada tahun 1994-2001, dan menjabat sebagai Direktur Bank Israel sejak 2005.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Fischer dipuji karena telah berhasil membawa Israel melalui krisis global pada tahun 90an. Akibat andilnya, tingkat pengangguran di Israel hanya enam persen dan sektor perumahan meningkat pesat.

Usia Fischer, 67, dinilai melampaui usia persyaratan direktur yang ditetapkan IMF, yaitu 65. Namun, Fischer yakin usia bukanlah penghalang untuknya dalam memimpin IMF. "Karena saya memiliki pengalaman yang unik. Saya yakin dapat berkontribusi kepada IMF, dan kepada perekonomian global di tengah krisis," ujarnya.

Selain Fischer, Menteri Keuangan Prancis, Christine Lagarde, dan Gubernur Bank Mexico, Agustin Carstens, juga menjadi kandidat direktur IMF. Lagarde disebut sebagai calon terkuat di antara semuanya, terutama dengan lobinya terhadap negara-negara Timur Tengah.

Posisi Direktur Pelaksana IMF lowong setelah direktur sebelumnya, Strauss-Kahn, mengundurkan diri karena terjegal kasus perkosaan di New York, AS, bulan lalu. Hingga kini, kasusnya masih dalam proses pengadilan.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024