Perluas Radius Tempur, Iran Kirim Kapal Selam

Kapal selam USS Jimmy Carter
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews -  Angkatan laut Iran menurunkan armada kapal selam dan kapal perangnya ke perairan internasional. Ini adalah salah satu rencana Iran untuk memperluas radius tempurnya dan menjaga kapal kargo mereka dari tangan perompak Somalia.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Informasi ini diperoleh dari sumber angkatan laut Iran, dilansir dari kantor berita Fars, Selasa, 7 Juni 2011. Sumber yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengatakan bahwa armada tempur yang diturunkan Iran adalah armada ke 14.

Tidak diketahui lokasi persis kapal selam Iran berada, yang pasti kapal selam ini akan menjalani misi panjang di lautan. "Mengidentifikasi kapal perang dari berbagai negara di dunia dan mengumpulkan informasi bawah laut di perairan internasional, adalah salah satu tugas utama kapal selam ini," ujar sumber.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Sumber AL juga mengatakan saat ini kapal perang Iran telah mencapai Laut Merah untuk misi pengawalan. Diperkirakan kapal ini akan beroperasi di sekitar Teluk Aden untuk menjaga kapal kargo dan minyak Iran dari perompak Somalia.

Armada ke 14 Iran terdiri dari kapal perang Bandar Abbas dan kapal penyerang Shahid Naqdi. Kedua kapal ini akan menyisir jalur perdagangan dari Iran menuju daerah tujuan.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Diturunkannya kedua armada ini adalah implementasi dari proyek AL Iran ke depannya. Sebelumnya pada Maret, komandan senior AL Iran, Gholam-Reza Khadem, mengatakan bahwa ini adalah strategi Iran untuk memperluas cakupan serangnya di luar wilayah sendiri.

"AL harus berada di tengah-tengah medan dan harus terdapat di semua perairan dunia," ujar Biqam.

Komandan AL Iran Lainnya, Habibollah Sayyari, sebelumnya juga mengatakan bahwa Iran akan menyebarkan pasukan tempur lautnya di Teluk Persia dan Laut Oman. 

"Untuk menjadi yang superior di kawasan, kita harus buktikan kekuatan dan kemampuan kita tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di seluruh kawasan," ujar Sayyari. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya