DUNIA

Imigran Gelap Jadi Masalah Serius Australia

Australia pun akan meningkatkan kerjasama regional, termasuk dengan Indonesia.

ddd
Rabu, 18 Mei 2011, 20:29 Bayu Galih
Imigran gelap
Imigran gelap (VIVAnews/Banjir Ambarita)

VIVAnews - Pemerintah Australia mulai gerah dengan pencari suaka yang kerap menyambangi negeri Kangguru. Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty mengaku, pemerintahnya menganggap persoalan ‘manusia perahu’ adalah masalah serius.

“Ini masalah serius yang terus kami cari jalan keluarnya dengan memperkuat kerjasama regional dengan sejumlah negara,” ujar Moriarty di Padang, Rabu, 18 Mei 2011.

Australia menilai, para pencari suaka tersebut sebagai imigran gelap yang identik dengan perbuatan kriminal. Sejauh ini, pemerintah Australia telah menjalin kerjasama dengan pemerintah Malaysia mencegah para imigran gelap memasuki negara tersebut.

Moriarty mengaku, kerjasama regional ini tidak hanya dilakukan Malaysia namun dengan sejumlah negara yang punya akses langsung dengan negara benua tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia?

“Sejauh ini kita belum memastikan dengan negara mana saja untuk bekerjasama, namun tidak tertutup bekerjasama dengan Indonesia dalam hal ini,” ujar Moriarty.

Menurutnya, pemerintah Australia telah bekerjasama dalam hal keamanan dengan pemerintah Indonesia.

Kerjasama terjalin antara Polri dengan Australia Federal Police (AFP) dalam menangani masalah keamanan. Dalam klausa kesepakatan tersebut juga tertuang tentang perdagangan manusia.

Dia menilai, masalah manusia perahu seperti kasus perdagangan manusia yang mengarah pada perbuatan kriminal. Awal Mei lalu, tercatat sekitar 32 imigran gelap diamankan di Pulau Christmas, Pantai Utara Australia, saat mencoba memasuki kawasan tersebut.

Australia menjadi negara paling banyak didatangi para pencari suaka dari Timur Tengah sejak puluhan tahun belakangan.

Laporan Eri Naldi | Padang



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com