PBB: 1,3 Miliar Ton Makanan Terbuang Percuma

Korban banjir di pinggir kota Manila, Filipina, berebut bantuan makanan
Sumber :
  • AP Photo/Aaron Favila

VIVAnews - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengungkapkan bahwa 1,3 miliar ton makanan terbuang percuma setiap tahun. Ini sama dengan sepertiga dari total makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia.

Menurut stasiun berita CNN, angka itu terpapar dalam laporan yang diumumkan Organisasi PBB bidang Pangan dan Pertanian (FAO) di New York, Rabu 12 Mei 2011 waktu setempat. Menurut FAO, besarnya jumlah makanan yang terbuang itu terjadi saat dunia juga bermasalah dengan naiknya harga pangan dan menurunnya produksi di beberapa tempat.

Laporan itu menyebutkan bahwa banyaknya makanan yang terbuang disebabkan produksi dan pengolahannya yang tidak efisien sehingga mengganggu tingkat persediaan. Makanan juga disia-siakan saat peritel dan konsumen membuangnya ke tempat sampah.

Situasi ini sering terjadi di negara-negara maju. Setiap tahun, sekitar 222 juta ton makanan terbuang percuma di negara-negara itu. Menurut perhitungan FAO, yang juga dikutip stasiun berita BBC, makanan yang terbuang jumlahnya sekitar 100 kg per konsumen di Eropa dan Amerika utara setiap tahun.
  
Sebaliknya, konsumen di Afrika sub-Sahara dan sebagian besar negara Asia hanya "membuang" makanan sekitar 6-11 kilogram per tahun. "Salah satu penyebab banyaknya jumlah makanan yang terbuang di negara-negara maju adalah karena rakyat mereka mampu memboroskan makanan," demikian laporan FAO.  (eh)

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024