KTT ASEAN, Ajang Tukar Pengalaman

Michael Tene
Sumber :
  • VIVAnews / Dokumentasi Kementrian Luar Negeri RI

VIVAnews - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta akhir pekan mendatang akan menjadi ajang tukar pengalaman negara-negara anggota. KTT juga akan menjadi ajang evaluasi negara-negara ASEAN dalam menegakkan tiga pilar ASEAN.

Hal ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, Rabu, 4 Mei 2011. Dalam paparannya mengenai agenda KTT ASEAN kepada media, Tene mengatakan bahwa tujuan utama KTT adalah memberikan kesempatan negara-negara anggota untuk menyampaikan pengalaman mereka.

"Dalam KTT, para delegasi akan bertukar pandangan dan menyampaikan perkembangan di kawasan," ujar Tene.

Pertukaran pandangan anggota ASEAN dalam KTT, ujar Tene, dilakukan demi mewujudkan tiga prioritas ASEAN. Salah satunya adalah upaya seluruh masyarakat ASEAN untuk mewujudkan komunitas ASEAN pada 2015.

"Hal ini diwujudkan dalam rangka tiga pilar ASEAN, ekonomi, politik dan keamanan, dan sosial budaya," ujar Tene.

Prioritas kedua, tambahnya, adalah mewujudkan keamanan Asia Tenggara dan pasifik. Ketiga, adalah mewujudkan komunitas ASEAN dalam komunitas global, diantaranya adalah dengan lebih meningkatkan peran ASEAN dalam isu-isu global.

"Tentunya semua prioritas didasarkan pada satu konsep ASEAN yang berpijak pada masyarakat ASEAN," kata Tene.

Dalam KTT ASEAN nantinya akan juga dilakukan evaluasi berdasarkan score card masing-masing negara anggota. Menurut Direktur kerja sama politik dan keamanan asean, Ade Fatmo Sarwono, score card ASEAN tersebut menjelaskan usaha negara anggota dalam mendukung tiga pilar ASEAN.

"Score card mencatat kesanggupan negara-negara ASEAN dalam mengimplementasikan ketiga pilar ASEAN," ujar Sarwono.

Rangkaian KTT ASEAN dimulai pada Kamis, 5 Mei 2011, dengan sesi yang akan diikuti oleh para pejabat tinggi negara anggota. Jumat, 6 Mei 2011, akan diadakan pertemuan tingkat menteri-menteri ASEAN untuk menyingkapi permasalahan maupun menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi, politik dan keamanan.

Puncaknya adalah KTT ASEAN yang akan diselenggarakan pada 7-8 Mei 2011 yang akan diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN. Dilaporkan diantara 10 negara ASEAN, dipastikan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tidak bisa hadir karena negaranya tengah menggelar pemilihan umum. (eh)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024