Terorisme Jadi Salah Satu Fokus KTT ASEAN

Menlu RI Marty M. Natalegawa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Terkait tewasnya pemimpin al-Qaeda, Osama bin Laden, Indonesia sebagai Ketua ASEAN bertekad meningkatkan kerja sama anti terorisme dengan berbagai negara, terutama di Asia Tenggara. Isu ini juga akan dibahas dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta akhir pekan ini.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, Selasa, 3 Mei 2011. Dia mengatakan bahwa negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN telah berpartisipasi dalam kampanye global memberantas terorisme, yang dianggap sebagai kejahatan trans-nasional.

"Kami yakin, dalam pembahasan di KTT Asian akhir minggu ini, kejahatan trans-nasional akan menjadi perhatian-perhatian para kepala negara juga," ujar Natalegawa merujuk kepada KTT ASEAN di Jakarta, 7-8 Mei mendatang, yang akan diikuti para pemimpin dari sepuluh negara-anggota ASEAN.

Natalegawa mengatakan bahwa selama ini kerjasama anti terorisme negara-negara ASEAN sudah dibangun dengan baik.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan KTT ASEAN, Natalegawa mengatakan bahwa pihak kepolisian terus waspada dalam mengamankan acara ini. Pengamanan polisi tetap akan dilakukan secara maksimal dengan atau tanpa berita kematian Osama bin Laden.

"Saya kira kalau masalah kewaspadaan dari ancaman terorisme, aparat penegak hukum kita pihak kepolisian sudah terus menerus waspada dan terus menerus berupaya untuk meminimalisir segala kemungkinan. Dengan atau tanpa Osama bin Laden," tutur Natalegawa.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024