Arab Saudi Akan Bangun Gedung Tertinggi Dunia

Burj Khalifa
Sumber :
  • www.itechdiary.com

VIVAnews - Arab Saudi akan membangun sebuah gedung yang memiliki tinggi 5.280 kaki atau 1 mil atau 1,6 kilometer. Gedung ini jauh melewati gedung tertinggi dunia saat ini, Burj Khalifa di Dubai yang setinggi 2.717 kaki.

Seperti diberitakan RIA Novosti, pembangunan gedung yang akan berlokasi di Jeddah ini diperkirakan menelan biaya US$30 miliar atau Rp260 triliun. Jika selesai, akan butuh 12 menit dengan lift untuk mencapai puncak gedung yang akan dibangun di Obhur, 32 kilometer utara Jeddah itu.

Anggota Kerajaan Arab Saudi membeberkan rencana pembangunan gedung ini minggu kedua April 2011. Gedung ini nanti akan memiliki hotel, kantor, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Luasnya akan mencapai 38 juta kaki persegi, sehingga akan bisa menampung 80 ribu penghuni dan satu juta pengunjung setiap tahun.

Desain gedung yang bernama Menara Kerajaan dibuat arsitek Amerika, Adrian Smith, yang juga telah mendesain Burj Khalifa. Konstruksi gedung ini diharapkan merangsang pembangunan kawasan seluas 8,9 mil persegi di sekitarnya.

Rory Olcayto, wakil redaktur Jurnal The Architects, Inggris, mengkritik pembangunan ini. "Perlombaan untuk membangun gedung pencakar langit tertinggi ini agak sia-sia --di mana akan berhenti?" katanya. "Gedung ini adalah simbol cara pikir lama." (art)

Viral Video Perundungan di Bulukumba, Remaja Dikeroyok Empat Temannya
Taspen.

Tanpa Potongan Taspen, THR Pensiunan ASN Mulai Cair 24 Maret 2022

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) mengumumkan bakal mulai menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pensiunan ASN dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024