DUNIA

VIDEO : Aksi Earth Hour di Belahan Dunia

Aksi ini juga dilakukan di Jakarta.
Minggu, 27 Maret 2011
Oleh : Nur Farida Ahniar
Earth Hour Jakarta

VIVAnews- Lebih dari 4 ribu kota dari 88 negara mengikuti aksi Earth Hour. Aksi memadamkan listrik selama 1 jam ini terutama dilakukan di tempat-tempat terkenal seperti Colosseum Roma-Italia, Bradenburg Gate Jeman, Menara Eifel-Paris, Stadion Orlando Afrika dan lainnya.

Gerakan mematikan listrik ini awalnya digagas oleh WWF tahun 2007 di Sydney pada 2007. Program yang dilakukan setiap Sabtu terakhir di bulan Maret ini lalu menjadi kegiatan global yang diikuti berbagai negara. Gerakan ini merupakan bentuk kepedulian ribuan watt listrik untuk menurunkan efek pemanasan global. Untuk video kegiatan Earth Our di berbagai belahan dunia bisa dilihat di video ini.

Sementara aksi Earth Hour di Indonesia dilakukan di berbagai kota, tak kecuali Jakarta. Sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan Semanggi, Thamrin gelap gulita. Begitu juga di kawasan air mancur Bundaran HI, Gedung Balaikota DKI.

Aksi yang dilakukan di Indonesia semalam pada pukul 20.30 hingga 21.30 terbukti efektif menurunkan penggunaan listrik secara signifikan. Aksi itu berhasil menurunkan beban listrik Jawa Madura dan Bali sekitar 600 Mega Watt (MW) atau menghemat Rp660 juta. Untuk video aksi Earth Hour di Jakarta bisa dilihat di video ini. (sj)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found